Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Lockdown, Argentina Mencatat Kasus Baru Covid-19 Tertinggi

Kompas.com - 28/05/2021, 19:19 WIB
Tito Hilmawan Reditya,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Argentina mencatat jumlah tertinggi satu hari kasus baru Covid-19 sebanyak 41.080 pada Kamis (27/5). Dilansir Reuters, ini terjadi di tengah gelombang kedua infeksi.

Situasi ini membuat sistem perawatan kesehatan di Argentina kewalahan.

Baca juga: Presiden Brasil Pimpin Demo Tolak Lockdown Covid-19 yang Diberlakukan Gubernur dan Wali kota

Negara dengan 45 juta penduduk ini, menurut data resmi, sudah mencatat total 3.663.215 kasus dan 76.135 kematian. Menjadikannya satu di antara negara dengan kematian per kapita terbanyak, seperti negara tetangganya, Uruguay, Paraguay, dan Brazil.

Sebelumnya, Argentina sudah memulai lockdown ketat selama sembilan hari, yang dimulai pada Sabtu pekan lalu (22/5/2021) untuk mengendalikan virus.

Langkah-langkah lockdown, masih dilansir Reuters, mencakup penangguhan pembelajaran di sekolah secara langsung. Argentina juga memberlakuan jam malam. Layanan restoran pun hanya tersedia untuk dibawa pulang.

Di sisi lain, program vaksinasi yang diluncurkan Alberto Fernandez, Presiden Argentina, dinilai lebih lambat dari perkiraan. Membuat Argentina semakin kewalahan hadapi gelombang kedua virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com