Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Pekerja Terjebak di Bawah Tanah Setelah Tambang Emas China Meledak

Kompas.com - 13/01/2021, 20:58 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

BEIJING, KOMPAS.com - Sebanyak 22 pekerja dilaporkan terjebak di bawah tanah setelah adanya ledakan pada tambang emas di timur laut China.

Kantor berita Xinhua melaporkan pada Selasa (12/1/2021), Otoritas China telah mengirim tim penyelamat ke tempat kejadian.

Kecelakaan itu terjadi pada Minggu (10/1/2021) di Xicheng, yang terletak di timur Provinsi Shandong.

Baca juga: Gas Karbon Monoksida Bocor di Tambang Batu Bara China, 18 Orang Tewas

Dalam sebuah posting media sosial, surat kabar Global Times mengutip otoritas Shandong yang mengatakan bahwa petugas penyelamat sejauh ini tidak dapat menghubungi para petambang yang terjebak.

Menurut Xinhua, ledakan tersebut merusak sistem sinyal komunikasi di bawah tanah, sehingga menghalangi komunikasi.

Xinhua melaporkan berdasarkan laporan tahunan 2019, tambang tersebut dimiliki oleh Shandong Wukailong Investment. Atas nama Zhaojin Mining, petambang emas terbesar keempat di China, sebagai pihak terkait atau anak perusahaan dari rekanan.

Baca juga: Kecelakaan Tambang Batu Bara di China Tewaskan 16 Orang

Tambang China termasuk yang paling mematikan di dunia, menurut Al Aljazeera.

Pada Desember, setidaknya 18 orang juga tewas setelah terperangkap di tambang di kota Chongqing di barat daya China. Itu adalah kecelakaan kedua di kawasan itu hanya dalam selang waktu dua bulan.

Korban tewas termasuk di antara 24 orang yang terperangkap di bawah tanah. Mereka tewas akibat gas karbon monoksida yang berlebihan di tambang batubara Diaoshuidong.

Pada September, setidaknya 16 orang tewas setelah karbon monoksida tingkat tinggi menjebak para petambang di tambang batu bara Songzao di Chongqing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com