Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Misteri: Sosok Zodiac Killer, Belum Terpecahkan Sejak 51 Tahun Lalu...

Kompas.com - 07/01/2021, 20:20 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Pembunuh yang menyebut dirinya Zodiac Killer, tidak menghindari sorotan media.

Dia justru sengaja mencari perhatian publik dan menikmati saat-saat ketika sukses mengejek polisi dengan catatan yang ditinggalkannya.

Zodiac Killer, setidaknya telah membunuh 5 orang di area San Francisco Bay pada tahun 1968 dan 1969.

Korban pertamanya, David Faraday (17) dan kekasihnya, Betty Lou Jensen (16). Keduanya ditembak mati di dekat mobil mereka jelang Natal, tepatnya pada 20 Desember 1968 di Jalan Danau Herman dekat Vallejo.

Melansir Biography, pada 5 Juli 1969, Darlene Ferrin (22) dan Mike Mageau (19) yang tengah berada di dalam mobil milik Ferrin didatangi oleh Zodiac Killer yang membawa lampu senter, dan sebuah senjata api.

Pria misterius itu menembak ke arah mereka, membunuh Ferrin dan membuat Mageau terluka parah.

Kurang dari 1 jam setelah peristiwa itu, seorang pria menghubungi Departemen Kepolisian Vallejo dan mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Sampai pada bulan Agustus 1969, sebuah surat dikirim ke media Chronicle, harian Examiner San Francisco dan harian Vallejo Times-Herald.

Surat itu bertuliskan, "Dear Editor, sayalah pembunuh 2 remaja pada Natal tahun lalu di Lake Herman."

Surat itu berisi detail yang hanya diketahui oleh si pembunuh, menurut laporan otoritas. Dia mengancam akan membunuh lebih banyak korban jika surat itu tidak dimuat di halaman depan setiap surat kabar.

Di dalam amplop surat itu juga berisi beberapa sandi yang kemudian diberi nama "Sandi 408".

“Saya suka membunuh karena itu sangat menyenangkan,” ungkap sandi pertama yang telah dipecahkan.

Sandi itu membingungkan polisi tetapi kemudian dipecahkan oleh guru sekolah Salinas, Donald Harden dan istrinya, Bettye.

“Membunuh manusia lebih menyenangkan daripada membunuh hewan liar di hutan karena manusia adalah hewan yang paling berbahaya," ungkap sandi itu lagi.

Meski begitu, sang Zodiac Killer rupanya masih meninggalkan banyak surat berisi banyak sandi dan teka-teki. Pada akhir 2020, sandi terakhirnya terkuak, namun sosoknya masih belum terungkap.

Baca juga: Kisah Misteri: Menelusuri Sejarah Zombie di Haiti

Terus berhubungan dengan polisi dan jurnalis lewat surat

Saat detektif dari berbagai departemen kepolisian bergegas untuk mengidentifikasi sosok sebenarnya Zodiac Killer, dia mengirim surat lain ke pihak media Examiner di mana dia pertama kali menggunakan nama aliasnya.

Setiap huruf yang digunakan sang pembunuh punya simbol, seperti lingkaran dengan salib, mirip tanda bidik pada teropong senapan.

Salah satu perbuatan keji, mengerikan dan brutal yang dilakukan Zodiac Killer di antaranya adalah serangan 27 September 1969.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com