Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyerbuan Capitol Hill, 4 Orang Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 07/01/2021, 15:35 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Setidaknya empat orang dilaporkan tewas dalam kerusuhan Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Para pendukung Presiden AS Donald Trump menyerbu Capitol Hill pada Rabu (6/1/2021) sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor.

Sebelumnya, kepolisian telah mengonfirmasi kematian seorang wanita karena tertembak.

Kepala Kepolisian Washington DC Robert Contee lebih lanjut menjelaskan bahwa dia ditembak oleh petugas Kepolisian Capitol yang berpakaian preman.

"Ini insiden tragis dan saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman korban," ujar Contee.

Baca juga: Pakar: Donald Trump Kunci di Balik Kerusuhan Gedung Capitol

Sementara itu, Kepolisian Capitol adalah badan penegakan hukum yang terpisah dari Departemen Kepolisian Washington DC.

Kepolisian Washington DC mengatakan pihaknya tetap akan meluncurkan penyelidikan terhadap penembakan itu sebagaimana yang dilakukan untuk semua kasus penembakan yang melibatkan polisi di ibu kota AS.

Contee melanjutkan, ada tiga korban lain yang tewas dalam insiden tersebut. Salah satu dari ketiga korban adalah seorang perempuan sedangkan yang adalah laki-laki.

Kendati demikian, Contee tidak memerinci penyebab kematian dari ketiga korban itu. Dia menambahkan, penyebab kematian akan diselidiki dan diputuskan kepala petugas medis Washington DC.

Selama berbulan-bulan, Trump dan sekutunya telah secara keliru menuduh bahwa kekalahannya dalam pemilu AS 2020 telah dicurangi.

Baca juga: Trump Sempat Tak Ingin Kerahkan Tentara untuk Redam Kerusuhan di Gedung Capitol

Pernyataan Trump yang terus menerus menentang hasil pemilu telah menyulut emosi di antara para pendukungnya dengan teori konspirasi.

Departemen Kehakiman juga tidak menemukan bukti untuk mendukung klaim Trump atas penipuan pemilih yang meluas.

“Sedikitnya 14 petugas polisi terluka, termasuk salah satu petugas yang terluka parah ketika dia ditarik ke kerumunan dan diserang," kata Contee.

Sebagian besar petugas terluka lainnya menderita luka tidak serius kecuali satu orang yang wajahnya terluka parah oleh proyektil yang terlempar.

Contee menambahkan setidaknya 52 orang telah ditangkap dalam kerusuhan di Capitol Hill. Sebagian besar, yakni 47 orang ditahan karena melanggar perintah jam malam.

Baca juga: Sertifikasi Joe Biden Terhambat, Ada Keberatan untuk Suara Pennsylvania

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com