Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-464 Serangan Rusia ke Ukraina: Penduduk Belgorod Rusia Mengungsi, China Lihat Masih Ada Banyak Rintangan

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-464 pada Jumat (2/6/2023).

Ini termasuk, muncul laporan bahwa ribuan penduduk di wilayah Belgorod Rusia yang berbatasan dengan Ukraina telah meninggalkan desa-desa mereka karena penembakan semakin intensif.

Sementara itu, Utusan khusus China untuk urusan Eurasia mengatakan, masih ada banyak rintangan di depan sebelum Ukraina dan Rusia dapat duduk untuk pembicaraan damai guna mengakhiri perang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-464 yang dapat Anda simak:

Ukraina klaim berhasil hancurkan semua rudal dan drone yang sasar Kyiv

Ukraina pada Jumat mengeklaim telah menghancurkan semua atau 15 rudal dan 21 drone dalam gelombang serangan terbaru Rusia ke ibu kota Kyiv yang sejak Kamis (1/6/2023) malam.

Namun, serangan itu tetap menyebabkan dua orang terluka di Kyiv.

"Para penjajah tidak berhenti mencoba meneror ibu kota Ukraina dengan serangan drone dan rudal," kata Angkatan Udara Ukraina, dikutip dari AFP. 

Warga sipil Rusia tewas 

Dua warga sipil tewas pada Jumat akibat penembakan di wilayah Belgorod Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina.

Wilayah itu telah menyaksikan serangkaian serangan secara intensif baru-baru ini.

"Pecahan peluru menghantam mobil yang lewat. Dua wanita yang bepergian dengan salah satunya tewas di tempat akibat luka mereka," kata Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov.

Gubernur menambahkan bahwa pasukan Ukraina telah menembaki sebuah jalan di desa Maslova Pristan, di distrik Shebekino yang paling terkena dampak penembakan baru-baru ini.

"Ada dua orang terluka di mobil kedua. Seorang pria dengan luka pecahan peluru di dada, dan seorang pria kedua dengan luka di tungkai bawah," kata Gladkov.

Menurut dia, dua orang dalam kondisi mengalami luka serius dan telah dibawa ke rumah sakit.

Blinken: perang Ukraina adalah kegagalan strategis Rusia

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Jumat menyebut invasi ke Ukraina sebagai "kegagalan strategis" bagi Rusia.

Dia merujuk pada persatuan Barat dan kekalahan Moskwa.

"Perang agresi Putin melawan Ukraina telah menjadi kegagalan strategis. Ini sangat mengurangi kekuatan militer, ekonomi, dan diplomatik Rusia, serta pengaruhnya selama bertahun-tahun yang akan datang," kata Blinken dalam pidatonya di Helsinki.

Selain itu, dia berkata bahwa perang di Ukraina telah memperkuat tekad AS dalam melawan setiap ancaman dari China.

"Dukungan kami untuk Ukraina tidak melemahkan kemampuan kami untuk menghadapi potensi ancaman dari China atau di mana pun. Itu justru memperkuat Ukraina," kata Blinken dalam pidatonya di Helsinki.

Utusan China melihat masih ada banyak rintangan

Utusan khusus China untuk urusan Eurasia pada Jumat mengatakan, masih ada banyak rintangan di depan sebelum Ukraina dan Rusia dapat duduk untuk pembicaraan damai guna mengakhiri perang.

Berbicara kepada wartawan di Beijing setelah tur Eropa, termasuk mengunjungi Moskwa dan Kyiv, Li Hui mengaku yakinsemua pihak mendukung penyelesaian politik perang.

"Saat ini banyak kesulitan yang dihadapi berbagai pihak untuk duduk dan berunding," ujarnya.

Tapi, kata dia, mereka yang berperang bukan tanpa poin konsensus.

Afrika Selatan berupaya alihkan perhatian

Afrika Selatan berusaha mengalihkan perhatian dari sikapnya terhadap konflik Ukraina pada Jumat.

Ini terjadi ketika negara itu menjadi tuan rumah pertemuan BRICS yang dibayangi oleh pertanyaan tentang kemungkinan kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Afrika Selatan.

Para diplomat top dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan bertemu di Cape Town untuk pembicaraan hari kedua tentang ambisi blok tersebut memberikan alternatif bagi tatanan global yang dipimpin Barat.

Namun, pertanyaan apakah Putin akan menghadiri pertemuan blok berikutnya pada Agustus telah mendominasi pertemuan minggu ini. Putin telah diundang sebelum ICC terbitkan surat perintah penangkapan.

Putin dicari oleh CC atas tuduhan bahwa Rusia secara tidak sah mendeportasi anak-anak Ukraina.

Rusia klaim menyerang sistem pertahanan udara Ukraina

Rusia pada Jumat mengatakan, pasukannya telah menyerang sistem pertahanan udara Ukraina yang melindungi infrastruktur militer kunci di negara pro-Barat itu.

“Semalam pasukan kedirgantaraan Rusia melakukan beberapa serangan menggunakan senjata jarak jauh berpemandu presisi yang diluncurkan dari udara terhadap sistem pertahanan udara musuh yang mencakup fasilitas infrastruktur militer penting di Ukraina,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

"Semua target yang ditugaskan telah dihantam," tambah mereka.

UE ingin kemitraan tulus dengan Asia Tengah

Kepala Uni Eropa Charles Michel pada Jumat mengambil bagian dalam KTT penting di Asia Tengah.

Dia mengatakan kepada AFP bahwa Brussel menginginkan kemitraan tulus dengan kawasan kaya energi itu.

Invasi Rusia ke Ukraina telah mendorong kekuatan global seperti China dan Uni Eropa untuk mencari peran yang lebih besar di Asia Tengah pada saat banyak orang di kawasan itu mempertanyakan hubungan lama mereka dengan Rusia dan mencari jaminan ekonomi, diplomatik, dan strategis di tempat lain.

Para pemimpin Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, dan Tajikistan ikut serta dalam pertemuan di kota resor Cholpon-Ata di tepi Danau Issyk-Kul itu.

Delegasi dari Turkmenistan juga berpartisipasi.

Zelensky: keanggotaan NATO tidak mungkin tercapai sebelum perang Rusia berakhir

Presiden Volodymyr Zelensky pada Jumat mengakui, bahwa Ukraina tidak akan dapat bergabung dengan NATO sebelum akhir invasi Rusia.

Invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu telah mendorong aliansi militer Barat yang didirikan hampir 75 tahun lalu itu untuk menghadapi Rusia.

Tetapi anggota blok militer terpecah karena Ukraina.

Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan semua anggota setuju untuk tetap berpegang pada janji 2008 bahwa Ukraina akan menjadi anggota pada titik yang tidak ditentukan.

"Kami adalah orang-orang yang berakal sehat dan kami memahami bahwa kami tidak akan menyeret satu negara NATO pun ke dalam perang," kata Zelensky dalam pengarahan bersama Presiden Estonia Alar Karis.

Petenis Ukraina Svitolina puji petenis Rusia di Prancis Terbuka

Petenis Ukraina Elina Svitolina menggambarkan lawannya di babak 16 besar Perancis Terbuka Daria Kasatkina sebagai sosok pemberani karena menjadi pemain Rusia paling vokal dalam berbicara menentang perang.

Svitolina akan menghadapi Kasatkina di Roland Garros pada Minggu (4/6/2023) untuk memperebutkan tempat di perempat final setelah mengalahkan petenis Rusia lainnya Anna Blinkova 2-6, 6-2, 7-5 pada Jumat (2/6/2023) di Grand Slam pertamanya sejak menjadi seorang ibu.

Sekali lagi, Svitolina memilih untuk tidak berjabat tangan dengan Blinkova, mengulangi sikap yang diambilnya saat mengalahkan pemain yang sama di final Strasbourg akhir pekan lalu.

Penduduk di wilayah Belgorod Rusia melarikan diri saat penembakan menewaskan 4 orang

Empat warga sipil dilaporkan tewas pada Jumat dalam penembakan di wilayah Belgorod Rusia yang berbatasan dengan Ukraina.

Selama beberapa hari terakhir, ribuan penduduk disebut telah meninggalkan desa-desa di seputaran Belgorod karena terjadi penembakan semakin intensif.

Penduduk dari kota Shebekino, yang terpukul parah, dilaporkan telah berbondong-bondong pindah ke kota utama di kawasan itu, yang juga disebut Belgorod.

Di arena olahraga Belgorod, yang telah menjadi pusat pengungsi terbesar di kota itu, wartawan AFP melihat para sukarelawan mengatur pemindahan pengungsi ke asrama yang lebih kecil.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan 2.500 orang ditampung di tempat penampungan sementara, termasuk arena olahraga.

"Kami tidak pernah mengalami situasi seperti ini," kata Gladkov kepada wartawan di arena.

https://www.kompas.com/global/read/2023/06/03/121400370/rangkuman-hari-ke-464-serangan-rusia-ke-ukraina--penduduk-belgorod-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke