Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Drone Ukraina Ditemukan di Luar Moskwa, Parade Hari Kemenangan Dibatalkan

Moskwa menuduh Ukraina berada di balik sejumlah serangan drone terhadap infrastruktur militer jauh di dalam wilayah Rusia.

Pada Senin, Igor Sukhin selaku kepala distrik Kota Bogorodsky di luar ibu kota Moskwa mengatakan, seorang penduduk setempat menemukan drone Ukraina di hutan.

"Ini bukan drone pertama yang muncul di Moskwa," kata Sukhin di aplikasi perpesanan Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Drone serupa pada Februari ditemukan di Kota Kolomna sekitar 100 kilometer tenggara Moskwa, tambahnya.

Sukhin menambahkan, parade Hari Kemenangan yang direncanakan pada 9 Mei dibatalkan di kawasannya, begitu pula konser yang terkait dengan perayaan tersebut.

"Semua orang mengerti masalah keamanan selalu datang dan akan selalu didahulukan," ujar dia.

  • Video Detik-detik Kecelakaan Drone AS dengan Jet Tempur Rusia Dirilis Pentagon
  • Rusia Akan Ambil Puing Drone AS yang Tabrakan dengan Jet Sukhoi

Sebelumnya, otoritas di beberapa daerah perbatasan termasuk Belgorod menyampaikan bahwa mereka juga akan membatalkan parade Hari Kemenangan.

Namun, pihak berwenang Rusia sedang menyiapkan pameran kekuatan militer tahunan di Lapangan Merah Moskwa untuk merayakan kemenangan Soviet atas Nazi Jerman pada  1945, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Senin (24/4/2023).

"Ini akan menjadi acara yang sangat penting," katanya.

Secara terpisah, pihak berwenang pada hari yang sama mengatakan bahwa pasukan Rusia memukul mundur serangan drone di pelabuhan Sevastopol Crimea, wilayah yang dicaplok Moskwa.

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/25/152100170/drone-ukraina-ditemukan-di-luar-moskwa-parade-hari-kemenangan-dibatalkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke