Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Kapal Perang China dan 1 Helikopter Terdeteksi di Sekitar Taiwan

Peristiwa ini terjadi setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu Ketua DPR AS Kevin McCarthy di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Satu pesawat PLA dan tiga kapal PLAN di sekitar Taiwan terdeteksi pada pukul 6 pagi (UTC+8) hari ini," kata Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan, dikutip dari kantor berita AFP.

“Angkatan Bersenjata memantau situasi dan menugaskan pesawat CAP, kapal Angkatan Laut, dan sistem rudal darat untuk menanggapi kegiatan ini,” tambahnya.

Tsai bertemu McCarthy di California saat singgah dalam perjalanan pulang dari kunjungan ke Guatemala dan Belize, salah dua dari 13 sekutu diplomatik Taiwan.

China mengancam akan memberi tanggapan tegas terhadap pertemuan itu.

Dewan Urusan Daratan (MAC) Taipei, badan pembuat kebijakan pulau itu tentang China, pada Rabu (5/4/2023) menuduh Beijing menghalangi perdagangan di Selat Taiwan dengan inspeksi di tempat pada kapal kargo dan penumpang.

  • Taiwan Sebut 10 Pesawat China Lintasi Garis Batas Selatnya
  • Akhir dari Perang Saudara China dan Sejarah Berdirinya Taiwan

Otoritas maritim China sebelumnya menyatakan, mereka meningkatkan patroli di perairan yang memisahkan pulau itu dari China Daratan tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Tindakan pihak China dengan sengaja meningkatkan ketegangan lintas-selat," kata MAC.

"Ini pelanggaran yang jelas terhadap perjanjian pelayaran lintas selat dan praktik maritim yang akan berdampak buruk pada lalu lintas normal antara kedua belah pihak," imbuhnya.

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/06/100600270/3-kapal-perang-china-dan-1-helikopter-terdeteksi-di-sekitar-taiwan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke