Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zelensky Mengaku Siap Dikunjungi Xi Jinping

Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa mereka belum melakukan kontak sejak perang dimulai dan dia siap menemuinya di Ukraina.

“Saya ingin berbicara dengannya,” kata Zelensky kepada Associated Press pada hari Selasa (28/3/2023) seminggu setelah Xi mengunjungi Presiden Rusia Vladimir Putin minggu lalu.

Dilansir dari Guardian, China tidak memiliki tanggapan segera tentang apakah kunjungan Xi ke Ukraina akan terjadi.

China telah selaras secara ekonomi dan menguntungkan secara politik terhadap negara tetangga Rusia selama beberapa dekade.

Beijing sendiri telah memberikan perlindungan diplomatik kepada Putin dengan mempertaruhkan posisi resmi netralitas dalam perang.

Xi, seorang pemimpin kuat yang menguasai sumber daya negara terpadat di dunia, adalah pemain penting dalam konflik Rusia-Ukraina, dan bahkan kurangnya keterlibatan China adalah pernyataan yang kuat.

Zelensky berbicara dengan AP di atas kereta yang membawanya melintasi Ukraina, ke kota-kota di dekat beberapa pertempuran paling sengit dan lainnya di mana pasukan negaranya telah berhasil memukul mundur invasi Rusia.

Dia juga jarang bepergian dengan wartawan, dan kantor kepresidenan mengatakan perjalanan kereta api dua malam dengan AP adalah yang terlama sejak perang dimulai.

Zelensky telah menyampaikan undangan ke Xi sebelumnya dalam beberapa bulan terakhir, tetapi seruan eksplisit untuk berkunjung ini datang beberapa hari setelah pemimpin China mengunjungi Putin di Rusia minggu lalu.

Tetapi pemimpin Ukraina itu mengatakan dia belum berkomunikasi dengan Xi selama konflik berlangsung.

“Kami siap melihatnya di sini,” kata Zelensky. “Saya melakukan kontak dengannya sebelum perang skala penuh. Tapi sepanjang tahun ini, lebih dari satu tahun, saya tidak punya.”

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning ditanya apakah Xi akan menerima undangan dari Zelensky atau apakah undangan tersebut telah diperpanjang secara resmi.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak memiliki informasi untuk diberikan.

Dia mengatakan bahwa Beijing memelihara komunikasi dengan semua pihak terkait, termasuk Ukraina.

Kunjungan Xi ke Rusia minggu lalu meningkatkan prospek bahwa Beijing mungkin siap memberi Moskwa senjata dan amunisi yang dibutuhkannya untuk mengisi kembali persediaannya yang habis.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/30/151500670/zelensky-mengaku-siap-dikunjungi-xi-jinping

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke