Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AS Sebut Aturan Wajib Tes Covid bagi Pelancong dari China Berdasarkan Sains

Sebelumnya, China pada Selasa (3/1/2023) pagi mengecam sejumlah negara yang mewajibkan pendatang dari "Negeri Panda" melakukan tes Covid-19. Beijing menyebutkan, kebijakan itu tidak dapat diterima.

AS mulai Kamis (5/1/2023) mengharuskan penumpang pesawat berusia 20 tahun ke atas dari China menunjukkan hasil tes Covid negatif sebelum memasuki "Negeri Paman Sam".

"Ini pendekatan yang semata-mata dan secara eksklusif berdasarkan sains," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price kepada wartawan, dikutip dari kantor berita AFP.

Price menambahkan, aturan tersebut dibuat berdasarkan masalah kesehatan masyarakat karena lonjakan kasus di China, kurangnya data urutan genom virus secara transpararan yang dilaporkan China.

Price kemudian menegaskan kembali bahwa AS siap berbagi vaksin Covid-19 dengan China.

  • Situasi Lonjakan Covid di China, RS Shanghai Penuh Pasien Lansia
  • Gelombang Covid-19 Terbaru China Picu Ketakutan Global Baru
  • Lonjakan Covid China, 70 Persen Warga Shanghai Diperkirakan Sudah Terinfeksi

China gencar mempromosikan vaksinnya sendiri di luar negeri, tetapi menurut para pakar kesehatan internasional kurang efektif.

Lonjakan Covid di China terjadi mulai Desember 2022 sejak tiba-tiba melonggarkan kebijakan nol Covid-nya yang ketat, menyusul protes publik yang jarang terjadi atas lockdown besar-besaran.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/04/123100870/as-sebut-aturan-wajib-tes-covid-bagi-pelancong-dari-china-berdasarkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke