Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-206 Serangan Rusia ke Ukraina: Janji Putin Akhiri Perang, 440 Mayat di Izyum

Sementara itu, 440 mayat ditemukan di kuburan massal Izyum, kota yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina dari pendudukan Rusia.

Kemudian ada peringatan Presiden AS Joe Biden tentang penggunaan senjata nuklir oleh Rusia.

Rangkuman perang Rusia-Ukraina hari ke-206 dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. Putin Berjanji Akhiri Perang di Ukraina Secepat Mungkin

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Moskwa akan melakukan apa saja untuk mengakhiri perang Ukraina secepat mungkin.

Pernyataan tersebut disampaikan Putin saat berbincang dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pertemuan tingkat tinggi di Samarkand, Uzbekistan.

“Saya tahu bahwa era hari ini bukanlah era perang, dan saya telah berbicara dengan Anda di telepon tentang ini,” kata Modi kepada Putin sebagaimana dikutip Sky News, Jumat (16/9/2022).

Baca selengkapnya di sini.

Presiden Ukraina mengonfirmasi bahwa situs pemakaman massal telah ditemukan, tetapi dia mengatakan bahwa informasi yang jelas dan terverifikasi akan dirilis kemudian.

"Kami ingin dunia tahu apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang telah menyebabkan pendudukan Rusia," kata Volodymyr Zelensky dalam pidato video malam hari kepada bangsa itu dikutip dari Sky News pada Jumat (16/9/2022).

Baca selengkapnya di sini.

3. Putin Tanggapi Keberhasilan Serangan Balasan Ukraina, Pastikan Rencana Rusia Tidak Berubah

Presiden Rusia Vladimir Putin untuk kali pertama secara terbuka menanggapi keberhasilan serangan balasan Ukraina baru-baru ini dengan mengatakan bahwa hal itu tidak akan mengubah rencana Rusia.

Dalam serangan balik yang cepat, pasukan Ukraina mengatakan mereka merebut lebih dari 8.000 km persegi (3.088 mil persegi) dalam enam hari di wilayah timur laut Kharkiv.

Namun Putin mengatakan dia tidak terburu-buru, dan serangan di wilayah Donbass Ukraina tetap di jalurnya. Dia juga mencatat bahwa Rusia sejauh ini belum mengerahkan pasukan penuhnya.

Baca selengkapnya di sini.

4. Joe Biden Peringatkan Putin agar Tak Pakai Senjata Nuklir

Pemerintahan Joe Biden mengumumkan bantuan militer senilai 600 juta dollar AS lagi untuk membantu tentara Ukraina mempertahankan momentum melawan Rusia. Dia juga menegaskan akan terus menekan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam wawancara untuk program 60 Minutes dari CBS News, Scott Pelley berbicara dengan Biden tentang keberhasilan medan perang Ukraina baru-baru ini dan bahaya yang dapat ditimbulkannya.

"Ketika Ukraina berhasil di medan perang, Vladimir Putin menjadi malu dan terpojok," kata Pelley kepada Biden.

Baca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/18/070000670/rangkuman-hari-ke-206-serangan-rusia-ke-ukraina--janji-putin-akhiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke