Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyelundup Hewan Ketahuan Bawa 60 Reptil di Celana, Termasuk Ular dan Kadal

Pria bernama Jose Manuel Perez tersebut merupakan bagian dari jaringan penyelundupan reptil senilai 750.000 dollar AS (Rp 11,17 miliar), kata petugas terkait pada Rabu (31/8/2022).

Perez selama enam tahun mendalangi penyelundupan reptil dari rumahnya di California selatan. Sebanyak 1.700 ekor dikirim ke Amerika Serikat dari Meksiko dan Hong Kong.

Dalam kesepakatan pembelaan dengan Kementerian Kehakiman AS, Perez mengakui dia membayar oknum untuk mengangkut beberapa kargo gelapnya, dan pernah menyeberangi perbatasan sendiri.

Hewan-hewan yang dia selundupkan termasuk kura-kura kotak Yucatan, kura-kura kotak Meksiko, bayi buaya dan kadal manik-manik Meksiko, dijual kepada klien di seluruh negeri dengan harga lebih dari 739.000 dollar AS (Rp 11 miliar), menurut dokumen yang dikutip kantor berita AFP.

Penangkapannya terjadi pada Maret ketika dia hendak mengemudi dari Meksiko dengan 60 hewan yang disembunyikan di sekitar selangkangannya dan di bagian lain dari pakaiannya.

Setelah awalnya memberitahu petugas bea cukai bahwa dia mengangkut kadal peliharaan di sakunya, dia ketahuan membawa 60 reptil di tubuhnya.

Reptil-reptil itu termasuk kadal buaya arboreal dan boas kerdil Isthmian, sejenis ular yang berubah warna dan mekanisme pertahanannya termasuk pendarahan dari matanya.

Sebanyak tiga dari reptil-reptil yang diselundupkan itu mati.

Perez mengakui dua dakwaan penyelundupan. Masing-masing terancam hukuman 20 tahun penjara, dan satu dakwaan perdagangan satwa liar dengan ancaman hukuman penjara maksimal lima tahun. Dia akan divonis pada 1 Desember 2022.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/04/140400970/penyelundup-hewan-ketahuan-bawa-60-reptil-di-celana-termasuk-ular-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke