Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tahun Menegang, UEA Tingkatkan Hubungan dengan Iran

ABU DHABI, KOMPAS.com – Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan, duta besarnya untuk Iran Saif Mohammed Al Zaabi akan kembali ke Teheran dalam beberapa hari mendatang.

Pengumuman yang disampaikan pada Minggu (21/8/2022) tersebut menandai peningkatan hubungan setelah enam tahun lalu UEA menurunkan hubungan diplomatik dengan Iran.

Kementerian Luar Negeri UEA mengatakan, langkah tersebut sejalan dengan upaya negara dalam memperkuat hubungan dengan Iran.

“Untuk mencapai kepentingan bersama kedua negara dan kawasan yang lebih luas,” kata Kementerian Luar Negeri UEA dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilansir Reuters.

UEA menurunkan hubungannya dengan Iran setelah Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Teheran pada Januari 2016.

Riyadh memutuskan hubungan dengan Iran setelah para pengunjuk rasa menyerbu Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran karena Riyadh mengeksekusi seorang ulama Syiah terkemuka.

Setelah bermusuhan selama bertahun-tahun, UEA mulai terlibat kembali dengan Teheran pada 2019 menyusul serangkaian serangan di perairan Teluk dan situs energi Arab Saudi.

Tahun lalu, Arab Saudi bergerak untuk meningkatkan hubungan dengan Iran melalui lima putaran pembicaraan langsung sejauh ini.

Ini terjadi pada ketika negara-negara Teluk Arab mengamati upaya menghidupkan kembali pakta nuklir 2015, yang mereka anggap cacat karena tidak menangani program rudal Iran.

Meskipun Riyadh dan Abu Dhabi ingin mengakhiri dorongan Teheran untuk mendominasi kawasan, mereka juga ingin menahan ketegangan karena mereka fokus pada prioritas ekonomi.

UEA memiliki hubungan bisnis dan perdagangan dengan Iran sejak lebih dari satu abad. Dubai telah lama menjadi salah satu penghubung utama Iran ke dunia luar.

Sementara itu, Kuwait awal bulan ini menunjuk duta besar pertamanya untuk Iran sejak 2016.

Berita video "Amerika Serikat Ketar-ketir usai Iran Luncurkan Satelit di Wilayah Rusia" dapat disimak di bawah ini

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/22/083100170/6-tahun-menegang-uea-tingkatkan-hubungan-dengan-iran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke