Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisah Tragis “Hulk Brasil”, Bintang Tik Tok yang Suntik Tubuh dengan Minyak agar Punya Biseps

BRASILIA, KOMPAS.com - Seorang binaragawan dan bintang Tik Tok dijuluki "Hulk Brasil", berhasil memperoleh 1,6 juta pengikut dengan menyuntik minyak berbahaya ke tubuhnya sendiri untuk membuat biseps.

Namun akhir yang tragis menimpanya setelah ketenarannya yang singkat.

Valdir Segato menggunakan suntikan synthol, untuk menghasilkan otot biseps, dada, dan punggung yang besar.

Tindakan ini dilakukannya selama bertahun-tahun meskipun ada risiko stroke dan infeksi membayangi.

Segato, yang berasal dari Sao Paulo, sebelumnya mengatakan bahwa dia terinspirasi oleh fisik Arnold Schwarzenegger dan karakter fiksi seperti The Hulk. Dia bahkan mengaku bangga dikenal di jalanan sebagai 'monster'.

Enam tahun, dokter telah memperingatkan bahwa dia akan menghadapi amputasi, atau paling tidak kerusakan saraf dan otot, jika terus menggunakan suntikan untuk “mengembangkan” tubuhnya.

Tapi Segato, yang sebelumnya seorang pekerja konstruksi, mengatakan dia menyukai perhatian yang dapatnya, sehingga justru ingin menjadi lebih besar lagi.

“Mereka memanggil saya Hulk, Schwarzenegger sepanjang waktu dan saya suka itu. Saya menggandakan bisep saya tetapi saya masih ingin menjadi lebih besar,” katanya dalam wawancara pada 2016.

Dia bangga mengunggah gambar dan video ke media sosial, menyebut dirinya 'Valdir Synthol' di Instagram.

Ketenaran sesaat

Namun ketenarannya berjalan singkat.

Daily Mail melaporkan pada Selasa (2/8/2022) bahwa Hulk Brasil itu meninggal pada hari ulang tahunnya yang ke-55 di Ribeirao Preto.

Menurut media lokal, pada saat kematiannya, Segato hanya memiliki beberapa teman yang berkunjung.

Meskipun pengikutnya besar di media sosial karena unggahan video selama bertahun-tahun, pria berusia 55 tahun itu menjalani kehidupan yang terisolasi.

Seorang pria bernama Moises da Conceicao da Silva mengatakan selama lebih dari 15 tahun sang binaragawan menyewa sebuah properti, yang dibangun di belakang rumah keluarganya di Ribeirao Preto Brasil tenggara.

Moises mengatakan pada hari kematian Segato, pria itu sempat meminta bantuan ibu Moises, mengeluh tentang sesak napas.

“Itu sekitar jam 6 pagi, kurang lebih. Dia datang merangkak melalui rumah belakang dan datang ke depan. Kemudian dia mengetuk jendela ibu saya, mengetuk, mengetuk, lalu dia bangun dan dia berkata 'tolong saya, bantu saya karena saya sekarat,'' kata Moises, menurut publikasi berita Brasil Globo.

Dia dibawa ke Unit Perawatan Darurat Utara (UPA) - sebuah fasilitas medis di kota - tetapi tidak dapat diselamatkan.

“Mereka memasukkannya ke dalam mobil dan kemudian tetangganya pergi ke UPA. Dia tiba di UPA, dia jatuh di resepsionis dan mengalami serangan jantung,” kata Moises kepada situs berita.

Kakak Moises Jadson da Conceicao, mengatakan kepada Globo bahwa ini bukan pertama kalinya Segato harus dilarikan ke rumah sakit, dan sebelumnya mengeluh sesak napas.

Menurutnya, saat insiden pertama “Hulk Brasil” itu berhasil dibawa ke rumah sakit tepat waktu. Tapi kali ini, tidak ada yang menyelamatkannya.

Pria “kekar” berusia 55 tahun itu awalnya ditawari synthol oleh seseorang di gym.

Ironisnya, karena memiliki kepribadian yang adiktif, dia segera menjadi kecanduan zat penambah otot "kosmetik", yang artinya tidak berpengaruh pada kekuatannya.

Banyak binaragawan menyimpang dari daftar panjang efek samping yang ditimbulkan oleh steroid anabolik dengan memilih synthol. Padahal “minyak” itu juga menimbulkan risiko besar.

Menurut Europe PubMed Central, efek samping synthol bermacam-macam mulai dari menyebabkan kerusakan saraf, emboli minyak paru, oklusi arteri pulmonalis, infark miokard, stroke otak dan komplikasi infeksi.

Meskipun diperingatkan bahwa penggunaan minyak secara terus-menerus dapat mengakibatkan amputasi, Segato melanjutkan praktik berbahaya tersebut.

Temannya Fernando Carvalho da Silva, sebelumnya berkata: “Masalah minyak adalah kebodohan. Dia pikir itu baik dan saya seorang teman jadi saya tetap diam, tetapi jauh di lubuk hati saya ingin memberitahunya untuk berhenti tetapi dia tidak mau. Dia senang seperti itu.”

“Ini risiko yang dia ambil - dia ingin terlihat baik dan ingin menjadi terkenal.|

Sebelumnya Segato sempat berkata bahwa para dokter menyuruhnya berhenti. “Tapi itu keputusan saya untuk menggunakannya karena saya ingin, karena saya suka.”

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/09/213100470/kisah-tragis-hulk-brasil-bintang-tik-tok-yang-suntik-tubuh-dengan-minyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke