Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Israel Klaim Iron Dome Tembak Jatuh 97 Persen Roket Kelompok Jihad Palestina

TEL AVIV, KOMPAS.com – Militer Israel mengeklaim Interseptor Iron Dome Israel telah menembak jatuh 97 persen roket kelompok jihad Islam Palestina (PIJ) yang telah ditembakkan selama gelombang pertempuran di Gaza pada akhir pekan ini.

Pertama kali digunakan pada 2011, Iron Dome -yang meluncurkan peluru kendali untuk menghantam roket yang datang dan ancaman jarak pendek lainnya di udara- dinilai 85 persen berhasil oleh pejabat pertahanan Israel dan AS. Itu meningkat menjadi 90 persen dalam perang Gaza tahun 2012.

Dibuat oleh Rafael Advanced Defense Systems Ltd milik negara dengan dukungan dari perusahaan AS Raytheon Technologies Corp, Iron Dome dirancang untuk menghemat rudal pencegat yang mahal dengan hanya melibatkan roket yang berada di lintasan untuk menghantam daerah berpenduduk.

“Iron Dome telah mencegat 97 persen dari roket selama pertempuran dengan militan Jihad Islam Palestina di Gaza sejak Jumat (5/8/2022)," kata seorang juru bicara militer Israel, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Dia menggambarkan capaian tersebut sebagai kinerja terbaik dari sistem Iron Dome Israel sejauh ini.

"Kami meningkatkan kemampuan kami sepanjang waktu," kata juru bicara itu.

Jihad Islam Palestina dilaporkan telah menembakkan 580 roket ke Israel pada Minggu (7/8/2022) pagi waktu setempat, kata juru bicara itu.

Dia menambahkan bahwa sekitar 20 persen gagal di Gaza sementara sisanya telah mencapai pinggiran Tel Aviv dan Yerusalem. 

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/07/192900870/israel-klaim-iron-dome-tembak-jatuh-97-persen-roket-kelompok-jihad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke