Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi ke China, Jadi Pemimpin Pertama yang Bertemu Xi Jinping sejak Olimpiade Beijing 2022

Dari informasi yang dihimpun kantor berita ANTARA Beijing, Jokowi tiba di China pada Senin (25/7/2022) malam dan akan ditemui Xi Jinping di gedung tamu negara Diaoyutai di Distrik Haidian pada 26 Juli pukul 15.00 waktu setempat (14.00 WIB).

Selanjutnya, pada pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB Jokowi bertolak dari Beijing untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang dan Korea Selatan.

Jokowi adalah kepala negara atau kepala pemerintahan pertama di dunia yang diterima Xi Jinping sejak Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada Februari 2022.

Dikutip dari Reuters, Xi Jinping saat Olimpiade Beijing bertemu dengan lebih dari 30 kepala negara kontestan ajang tersebut.

Saat Jokowi ke China, ia juga menjadi presiden pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke "Negeri Panda" setelah beberapa wilayah di China daratan dilanda gelombang Covid-19 hingga lockdown beberapa bulan.

"Saya yakin kunjungan ini akan berlangsung dengan lancar dan berhasil," lanjut Zhao sambil meminta awak media bersabar menunggu hasil Jokowi bertemu Xi Jinping.

  • Kunjungan Jokowi ke China Dinilai Cerminkan Netralitas ASEAN
  • Temui Jokowi, Ramos-Horta Berharap Timor Leste Jadi Anggota ASEAN Tahun 2023
  • Pesan Tak Tertulis Zelensky untuk Putin melalui Jokowi...

Atas undangan Xi Jinping, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke China dan dilaksanakan melalui mekanisme loop tertutup di Diaoyutai. Jokowi juga akan bertemu Perdana Menteri China Li Keqiang.

ANTARA melaporkan, bendera Indonesia bersama bendera China berkibar di depan Museum Istana Kota Terlarang Beijing sejak Senin (25/7/2022) sore.

Jokowi ke China dengan membawa topik bahasan peningkatan hubungan dagang dan investasi kedua negara, serta presidensi Indonesia di G20.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/26/090600070/jokowi-ke-china-jadi-pemimpin-pertama-yang-bertemu-xi-jinping-sejak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke