Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Oligarki Rusia Terbentuk dan Hubungannya dengan Putin

KOMPAS.com - Oligarki Rusia menjadi sasaran sanksi dari AS dan sekutunya sejak serangan Rusia ke Ukraina sebulan lalu, sebagai upaya untuk mempengaruhi kebijakan Moskwa.

Menanggapi invasi Rusia ke Ukraina, AS dan sekutunya tak hanya mencoba mencekik bank dan perusahaan Rusia. Oligarki Rusia secara khusus diincar, hingga kapal pesiar raksasa dan perkebunannya mereka yang luas pun jadi target.

Aksi itu membuat banyak orang bertanya-tanya: Apa yang membuat seseorang masuk dalam lingkaran oligarki Rusia, dan bagaimana mereka menjadi begitu kaya?

Apa yang dimaksud dengan oligarki?

Oligarki adalah “pengusaha yang sangat kaya yang berpengaruh secara politik dan sosial,” menurut Elise Giuliano, dosen di departemen ilmu politik di Universitas Columbia yang berfokus pada Rusia pasca-Soviet dilansir dari Forbes.

“Mereka sering secara pribadi terhubung dengan para pemimpin politik terkemuka suatu negara, meskipun tidak selalu.”

Definisi klasik oligarki mencakup beberapa pengaruh politik, tetapi menjadi jelas sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai, sebagian besar miliarder Rusia memiliki sedikit atau tidak memiliki pengaruh sama sekali dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Oligarki Rusia setidaknya terbentuk dalam dua tahap. Gelombang pertama mendapatkan kekayaan mereka pada 1990-an, selama kekacauan terjadi setelah runtuhnya Uni Soviet.

Saat itu, aset negara Uni Soviet diturunkan ke penawar swasta, seringkali dalam cara yang korup. Selama periode liberalisasi pasar ini, pengusaha kaya, mantan pejabat, dan pengusaha yang berani memperoleh saham besar di perusahaan-perusahaan Rusia.

Gelombang kedua oligarki Rusia menjadi kaya melalui ikatan mereka dengan Putin, yang telah memerintah Rusia sejak 2000. Putin secara bergantian memperkaya dan menghukum oligarki, memperlakukan taipan dan bisnis mereka sebagai pion dalam pertandingan catur politiknya.

Namun, banyak dari oligarki Rusia sekarang adalah pejabat saat ini atau mantan pejabat Putin. Kedekatan oligarki dengan Putin bervariasi, semuanya bergantung pada patronasenya.

Awal pembentukan Oligarki Rusia

Benih-benih oligarki Rusia berkembang antara 1992 dan 1994, ketika Federasi Rusia yang baru merdeka menjalankan upaya “voucher privatisasi” atau skema pinjaman-untuk-saham.

Di bawah program tersebut, saham dari sekitar 15.000 perusahaan milik negara disediakan untuk pembeli swasta. Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang Rusia biasa membeli saham.

Akan tetapi, dalam perkembangannya pengusaha yang terhubung dengan baik justru memperoleh “blok voucher besar”. “Skema pinjaman-untuk-saham”, Presiden Rusia Boris Yeltsin tahun 1995 mencetak beberapa oligarki terkaya Rusia.

Sebagai imbalan untuk meminjamkan uang kepada pemerintah Rusia yang terbebani defisit dan membantu membiayai kampanye pemilihan kembali Yeltsin, beberapa pengusaha kaya menerima saham 12 perusahaan energi dan pertambangan milik negara dalam bentuk "sewa".

Sewa akan berubah menjadi kepemilikan – tergantung pada apakah Yelstin menang.

Vladimir Potanin, merupakan salah satu arsitek kesepakatan ini, mengambil saham pengendali di Norilsk Nickel, produsen nikel olahan terbesar di dunia. Penerima manfaat lainnya termasuk Khodorkovsky dan Roman Abramovich, yang memperoleh kepentingan luas dalam minyak dan gas.

Perubahan Oligarki Rusia di bawah Putin

Krisis keuangan Rusia 1998 merupakan kemunduran sementara bagi oligarki. Melonjaknya harga komoditas dan meningkatnya integrasi ekonomi Rusia ke Barat pada 2000-an mencetak puluhan taipan baru.

Pada 2001, Rusia memiliki delapan miliarder dengan nilai kolektif 12,4 miliar dollar AS (Rp 178 triliun). Sepuluh tahun kemudian, ada 101 miliarder senilai 432,7 miliar dollar AS (Rp 6,2 kuadriliun), menurut data Forbes.

Yuri Kovalchuk, teman lama dan penasihat pemimpin Rusia, adalah contoh yang memperoleh saham besar di perusahaan perbankan dan telekomunikasi melalui hubungannya dengan Putin.

Sementara Mikhail Khodorkovsky, yang saat itu menjadi orang terkaya Rusia, ditangkap pada 2003 dan dipenjarakan selama 10 tahun, karena kejahatan pajak, setelah dia mendukung saingan politik Putin.

Contoh miris lainnya adalah Boris Berezovsky, oligarki Rusia lainnya yang berkembang di bawah Yeltsin tapi kritis terhadap Putin. Dia menjual kepemilikan media Rusia-nya dan pergi ke pengasingan.

Dari contoh-contoh itu , oligarki Rusia mendapat pesan. Kepentingan politik Putin dan kepentingan keuangan mereka harus menjadi satu dan sama. Para miliarder Rusia segera mengetahui bahwa kekayaan mereka bergantung pada kepatuhan kepada Putin.

Generasi baru oligarki Rusia

Ketika Putin mengkonsolidasikan kekuasaan dan menegaskan kontrol negara atas lebih banyak bisnis swasta, generasi baru oligarki muncul – “silovarch.” Istilah ini merupakan gabungan dari oligarki dan siloviki, kata Rusia untuk militer dan elit keamanan negara.

Banyak silovarch mengenal Putin secara pribadi, dari masanya di KGB, atau dari bekerja di bawahnya di St Petersburg selama awal karir politiknya pasca-Soviet.

“Yang disebut silovarch adalah elit bisnis yang telah memanfaatkan jaringan mereka di FSB (Layanan Keamanan Federal Rusia) atau militer untuk mengumpulkan kekayaan pribadi yang ekstrem,” tulis Stanislav Markus, seorang profesor bisnis internasional di University of South Carolina.

“Sejak 2003, teman-teman Putin dan silovarch terus meningkat untuk mengendalikan sektor ekonomi kroni dan memegang posisi penting di cabang eksekutif.”

Silovarchs, secara tidak proporsional terwakili di dewan perusahaan negara. Mereka sering memiliki saham besar di perusahaan-perusahaan dari sektor-sektor di mana profitabilitas bergantung pada bantuan pemerintah.

Oligarki Rusia menghadapi masa depan yang sulit karena Barat menghukum Rusia yang dipimpin Putin. Sampai 14 Maret 2022, setidaknya 20 diantaranya berada di bawah sanksi pribadi oleh AS dan sekutunya.

Oligarki Rusia kini telah menjual aset Rusia mereka dan memindahkan kepemilikan mereka ke Barat dengan tergesa-gesa menjauhkan diri dari Putin dan rezimnya. Banyak dari mereka yang digilas sanksi, kekayaannya anjlok saat pasar Rusia runtuh.

https://www.kompas.com/global/read/2022/03/28/200000670/bagaimana-oligarki-rusia-terbentuk-dan-hubungannya-dengan-putin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke