Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KTT ASEAN, Junta Myanmar Ancam Tak Datang akibat Pencoretan Min Aung Hlaing

Nama panglima militer Myanmar Min Aung Hlaing dicoret dari KTT ASEAN lantaran komitmennya diragukan untuk menyelesaikan konflik berdarah di negaramua.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak para jenderal menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi dalam kudeta pada Februari, yang memicu demo nasional dan tindakan keras aparat terhadap demonstran.

Awal bulan ini ASEAN - di bawah tekanan internasional untuk menengahi solusi diplomatik atas konflik tersebut - mencoret kepala junta Min Aung Hlaing dari daftar undangan.

Pencoretan dari KTT pada 26-28 Oktober di Brunei melanggar prinsip-prinsip ASEAN, ujar juru bicara junta Zaw Min Tun kepada media lokal pada Senin.

Dia mengonfirmasi, ASEAN malah mengundang perwakilan "non-politik" yaitu Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Chan Aye.

"Tapi kami tidak yakin apakah akan hadir atau tidak ... Menghadiri itu dapat memengaruhi kedaulatan dan citra negara kami," lanjut Min Tun dikutip dari AFP.

ASEAN mengeluarkan teguran yang jarang terjadi ke Myanmar, setelah junta menolak permintaan agar utusan khusus bertemu dengan semua pemangku kepentingan di negara itu, yang terlihat mencakup Aung San Suu Kyi.

Myanmar, yang sebagian besar diperintah oleh militer sejak kudeta 1962, sering menjadi pembicaraan ASEAN sejak bergabung pada 1997.

Pemilihan umum pada tahun 2015 yang dimenangkan secara besar-besaran oleh partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi memenangkan pemerintahan sipil, tetapi hanya berlangsung singkat akibat kudeta Myanmar.

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/25/202916570/ktt-asean-junta-myanmar-ancam-tak-datang-akibat-pencoretan-min-aung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke