Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Corona India Hari Ini: Pemerintah Hapus Twit Kritikus, Picu Amarah Netizen

Seorang juru bicara Twitter mengonfirmasi telah memblokir beberapa twit agar tidak dapat dilihat di India.

Jumlah kasus harian Covid India melonjak drastis, dan banyak rumah sakit kekurangan oksigen.

Salah satu netizen Twitter menuduh Pemerintah India lebih fokus menghapus twit daripada memastikan pasokan oksigen.

Pemerintah India lalu membuat perintah darurat untuk menyensor twit, ungkap Twitter di Lumen database yang melacak perintah pemerintah global seputar konten online.

Melansir BBC pada Senin (26/4/2021), Twitter tidak merinci konten mana yang dihapus.

Namun, laporan media-media mengatakan itu mencakup twit politisi di Benggala Barat yang menyatakan PM Narendra Modi bertanggung jawab langsung atas kematian pasien Covid-19 Inia, dan twit aktor yang mengkritik Modi karena mengadakan kampanye politik saat kasus Covid India masih berkecamuk.

Twitter mengatakan telah meninjau kontennya saat menerima permintaan hukum yang sah. Dalam hal ini Pemerintah India mengutip UU Teknologi Informasi tahun 2000.

"Jika ditetapkan sebagai ilegal di yurisdiksi tertentu, tetapi tidak melanggar Peraturan Twitter, kami dapat menahan akses konten hanya di India," kata platform tersebut.

Juru bicara nasional partai Bharatiya Janata Party (BJP), Gopal Agarwal, mengatakan bahwa twit yang dipermasalahkan itu menyesatkan atau bisa memicu kepanikan.

"Kami tidak bisa membiarkan berita palsu yang merugikan negara," katanya kepada BBC.

Ia melanjutkan, krisis virus corona di India diperburuk oleh berita palsu, seraya menunjukkan bahwa konten media sosial harus sejalan dengan aturan hukum.

Namun di media sosial banyak yang mengkritik pemerintah, karena dianggap lebih fokus pada penyensoran saat India berada di tengah bencana kemanusiaan.

Banyak juga yang mengkritik Twitter karena mematuhi perintah sehingga mereka pun turut terlibat.

Twitter dibanjiri laporan orang sakit, pasien butuh oksigen dan tempat tidur, dalam wabah corona India hari ini yang semakin memburuk.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/26/165223370/corona-india-hari-ini-pemerintah-hapus-twit-kritikus-picu-amarah-netizen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke