Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rusia-Ukraina Makin Tegang, Inggris Kirim Kapal Perangnya ke Laut Hitam

LONDON, KOMPAS.com – Inggris akan mengerahkan armada kapal perangnya ke Laut Hitam di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Mengutip perwira senior Angkatan Laut Kerajaan Inggris, surat kabar Sunday Times melaporkan, kapal perang tersebut akan dikerahkan pada Mei.

Pengerahan itu bertujuan untuk menunjukkan rasa solidaritas Inggris dengan Ukraina dan sekutu-sekutu NATO-nya sebagaimana dilansir Reuters.

Beberapa kapal perang yang dikerahkan ke Laut Hitam yakni satu unit kapal perusak Tipe 45 dan satu unit fregat Tipe 23.

Kapal perusak Tipe 45 dipersenjatai dengan rudal anti-pesawat sedangkan fregat Tipe 23 merupakan anti-kapal selam.

Kedua kapal perang itu bakal meninggalkan gugus tugas kapal induk Angkatan Laut Kerajaan Inggris di Laut Mediterania, kemudian menuju melalui Bosphorus ke Laut Hitam.

Sejumlah jet tempur F-35B Lightning dan helikopter pemburu kapal selam Merlin akan disiagakan di kapal induk HMS Queen Elizabeth untuk mendukung kapal perang di Laut Hitam.

Ketegangan antara Moskwa dan Kiev semakin meningkat beberapa hari terakhir.

Rusia menumpuk pasukannya di sepanjang perbatasan Ukraina. Selain itu, terjadi bentrokan di timur Ukraina antara pasukan Ukraina dan separatis pro-Rusia.

Pejabat di Kementerian Pertahanan Inggris tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan kepada Sunday Times bahwa pemerintah Inggris bekerja sama dengan Ukraina untuk memantau situasi.

Selain itu, Inggris juga terus meminta Rusia untuk menurunkan ketegangan.

"Inggris dan sekutu internasional kami tak tergoyahkan dalam mendukung kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina," kata juru bicara itu dikutip Sunday Times.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/18/181812670/rusia-ukraina-makin-tegang-inggris-kirim-kapal-perangnya-ke-laut-hitam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke