Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintahan Biden Masukkan Risiko Perubahan Iklim dalam Strategi Militer AS

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pentagon mengatakan pada Rabu (27/1/2021) akan memasukan risiko perubahan iklim dalam simulasi militer dan perang, setelah Presiden Joe Biden menandatangani serangkaian tindakan eksekutif untuk menangani masalah iklim.

Pemerintahan Biden memetakan arah agenda lingkungan, yang menandai dibaliknya kebijakan di bawah Donald Trump, yang berusaha memaksimalkan produksi minyak, gas, dan batu bara dengan menghapus peraturan dan menyepelekan tinjauan lingkungan.

Di bawah pemerintahan Trump, dokumen panduan Pentagon yang dikenal sebagai Strategi Pertahanan Nasional AS tidak memasukkan perubahan iklim sebagai prioritas, seperti yang dilansir dari Reuters pada Kamis (28/1/2021). 

Selama dekade terakhir, pejabat militer dan intelijen AS telah mengembangkan kesepakatan luas tentang ancaman keamanan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.

Sebagian ancaman karena bencana alam di daerah pesisir yang padat penduduk, kerusakan yang dibawa oleh pangkalan militer AS di seluruh dunia, dan membuka sumber daya alam baru untuk persaingan global.

"Departemen akan segera mengambil tindakan kebijakan yang sesuai untuk memprioritaskan pertimbangan perubahan iklim dalam kegiatan dan penilaian risiko kami, untuk mengurangi pendorong ketidakamanan ini," kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dalam sebuah pernyataan.

“Sebagai pemimpin dalam antarlembaga, Departemen Pertahanan juga akan mendukung penggabungan analisis risiko iklim ke dalam pemodelan, simulasi, permainan perang, analisis, dan Strategi Pertahanan Nasional berikutnya,” lanjut terangnya.

Dia menambahkan, pada 2019, militer AS menilai dampak terkait iklim pada 79 instalasi.

Fokus Biden pada perubahan iklim telah menyemangati mitra internasional dan pendukung lingkungan.

Di sisi lain, telah memberikan kekecewaan Big Oil, yang berpendapat bahwa langkah tersebut akan merugikan jutaan pekerjaan Amerika Serikat dan miliaran dolar pendapatan pada saat ekonomi AS yang dilanda pandemi Covid-19.

"Ada sedikit tentang apa yang departemen (pertahanan) lakukan untuk membela rakyat Amerika yang tidak terpengaruh oleh perubahan iklim," kata Austin.

"Ini adalah masalah keamanan nasional, dan kita harus memperlakukannya seperti itu," pungkasnya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/28/083819470/pemerintahan-biden-masukkan-risiko-perubahan-iklim-dalam-strategi-militer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke