Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biden Akan Lakukan "Sekitar Puluhan" Tindakan Eksekutif di Hari Pertama Jadi Presiden AS

WILMINGTON, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joe Biden akan memulai kesibukannya pada hari pelantikan dengan mendorong perubahan kebijakan warisan Donald Trump, presiden yang kerap melahirkan kontroversi.

Biden menang dalam pemilu AS 2020 dengan mengkampanyekan serangkaian janji tindakan untuk membalikkan kebijakan kontroversi dari Trump, seperti soal imigrasi, perubahan iklim, perumahan, pinjaman mahasiswa, dan sebagainya.

Kepala Staf Biden yang baru menjabat Ron Klain menyebutkan dalam sebuah memo yang diberikan kepada wartawan bahwa ada "sekitar puluhan" tindakan eksekutif yang akan dilakukan presiden AS ke-46 itu.

Melansir Reuters pada Minggu (17/1/2021), tindakan yang akan diambil Biden pada hari pelantikan, Rabu (20/1/2021) meliputi bergabung kembali dengan kesepakatan iklim Paris, membalikkan larangan perjalanan di beberapa negara mayoritas Muslim.

Lalu, memperpanjang jeda pembayaran pinjaman siswa federal, melonggarkan pengusiran dan penyitaan, serta mewajibkan penggunaan masker dalam perjalanan antarnegara bagian dan wilayah federal.

Semua tindakan telah diumumkan sebelumnya.

Sebagian besar tindakan adalah membalikkan berbagai kebijakan Trump dan tidak memerlukan tindakan Kongres.

Biden juga akan mengungkap proposal imigrasi yang telah lama diharapkan, yang akan memberikan jalan kepada jutaan imigran yang tidak berdokumentasi, yang membutuhkan tindakan Kongres.

Selain itu, ia juga akan menindaklanjuti proposalnya baru-baru ini untuk menindaklanjuti 1,9 triliun dollar AS (Rp 26,8 kuadriliun) untuk vaksinasi Covid-19 dan stimulus ekonomi.

Serangkaian janji "Hari Pertama" Biden yang lebih luas akan dilaksanakan selama 9 hari berikutnya setelah pelantikan, kata Klain.

Langkah-langkah itu termasuk memperluas pengujian Covid-19 dan mengarahkan pemerintah untuk mendukung barang-barang buatan Amerika ketika melakukan pembelian.

"Presiden terpilih Biden mengambil alih kursi kepresidenan pada saat krisis besar bagi bangsa kita," kata Klain.

"Selama kampanye, presiden terpilih Biden berjanji untuk mengambil tindakan segera untuk mulai mengatasi krisis ini dan membangun kembali dengan lebih baik," imbuhnya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/17/092249770/biden-akan-lakukan-sekitar-puluhan-tindakan-eksekutif-di-hari-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke