Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenlu AS Diduga Blokir Pesan dari Para Pemimpin Dunia untuk Joe Biden

Jika berdasarkan transisi pemerintahan yang normal, seorang presiden terpilih bisa mendapatkan akses ke sumber daya Kemenlu AS.

Alasannya seperti diberitakan CNN adalah selain memperkuat internal pemerintahan baru, juga menjalin komunikasi dengan pemimpin dunia.

Dengan petahana Donald Trump yang menolak kekalahan di Pilpres AS 3 November lalu, Joe Biden dan timnya mengurusi transisi itu tanpa bantuan pemerintah.

"Namun, mereka lebih suka jika bisa menggunakan sumber daya yang dipunyai Kemenlu AS," kata seorang sumber internal Gedung Putih kepada CNN.

Selama akhir pekan kemarin, Biden dilaporkan berhubungan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Dilansir New York Post Rabu (11/11/2020), mantan Senator Delaware itu mendapatkan telepon dari pemimpin Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

Denis McDonough, yang bekerja saat era Presiden Barack Obama menuturkan, percakapan telepon periode itu masih belum sensitif.

"Perbincangan telepon dalam beberapa hari terakhir dilakukan lewat jalur umum, di mana mereka memberikan selamat kepada Biden," papar McDonough.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/12/161641670/kemenlu-as-diduga-blokir-pesan-dari-para-pemimpin-dunia-untuk-joe-biden

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke