Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Debat Capres AS Terakhir, Biden: Siapa Pun yang Sebabkan Kematian Banyak Orang Tak Bisa Jadi Presiden

NASHVILLE, KOMPAS.com - Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden membuka debat pemilihan umum terakhir pada Kamis (22/10/2020) malam dengan menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan dicabut dari jabatannya atas penanganannya pada pandemi virus corona.

"Siapa pun yang menyebabkan kematian banyak orang tidak bisa tetap menjadi presiden Amerika Serikat," ujar Biden merujuk Trump. 

Biden membandingkan penanganan Trump terhadap virus dengan apa yang dia gaungkan. Biden fokus mendorong orang-orang untuk memakai masker dan melakukan pengujian yang lebih cepat untuk virus.

“Saya akan memastikan bahwa kami menetapkan standar nasional tentang bagaimana membuka sekolah dan membuka usaha sehingga mereka tetap aman dan memberi mereka sarana, sumber daya keuangan untuk dapat melakukan itu,” kata Biden.

Biden juga memperingatkan bahwa yang terburuk dari virus mungkin belum tiba, dengan mengatakan negara itu akan "memasuki musim dingin yang gelap".

Trump disebutnya "tidak memiliki rencana yang jelas dan tidak ada prospek bahwa akan ada vaksin yang tersedia untuk sebagian besar orang Amerika sebelum pertengahan tahun depan."

Tema tentang wabah virus corona telah mendominasi pemilihan umum presiden Amerika tahun ini, dengan para pemilih mengatakan dalam jajak pendapat yang dikutip CNN bahwa itu adalah masalah paling penting dalam pikiran mereka saat mereka mempertimbangkan siapa yang akan dipilih pada bulan November.

Lebih dari 222.000 orang telah meninggal akibat virus corona di AS. Negeri "Uncle Sam" memimpin dunia dalam total kasus infeksi virus corona yang dikonfirmasi, dengan lebih dari 8,4 juta infeksi sejak pandemi dimulai, menurut data Universitas Johns Hopkins. Diikuti oleh India, Brasil, dan Rusia.

Debat terakhir capres AS berlangsung di Belmont University di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Kamis (22/10/2020) malam waktu setempat.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/23/084354770/debat-capres-as-terakhir-biden-siapa-pun-yang-sebabkan-kematian-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke