Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertama Kalinya, Paus Fransiskus Pakai Masker di Depan Umum

Sebelumnya, Sri Paus hanya memakai penutup mulut dan hidung di dalam mobil tatkala dia berangkat untuk audiensi mingguan di Vatikan.

Paus asal Argentina itu menerima kritikan di media sosial karena tidak memakai masker untuk audiensi, di mana terkadang dia melakukan kontak dekat.

Paus Fransiskus mengenakannya saat kebaiktian dengan pemimpin Kristen lain di Basilika, termasuk Patriark Bartholomeus, pemimpin Gereja Orotodks.

Kemudian di lokasi lain di Roma, Italia, Yahudi juga beribadah di sinagogue. Begitu juga dengan umat Buddha, Muslim, dan Sikh bagi perdamaian dunia.

Dilansir Reuters Selasa (20/10/2020), acara itu digelar setelah jumlah kasus positif virus corona di Italia meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam 24 jam terakhir, "Negeri Pizza" mencatatkan 10.874 kasus virus corona, meningkat dibanding 9.338 pada Senin (19/10/2020).

Dilaporkan juga terdapat peningkatan kecil di Vatikan, di mana empat anggota Garda Swiss, pasukan penjaga Paus, terinfeksi Covid-19.

Adapun kebaikan itu pertama kali diadakan oleh mendiang Paus Yohanes Paulus dan Komunitas Katolik Sant'Egido di Roma pada 1986.

Dalam acara itu, Paus berusia 83 tahun tersebut hanya melepaskan maskernya ketika membacakan pidatonya, seperti dilakukan pemimpin agama lain.

Acara kemudian dilanjutkan di Alun-alun Campidoglio, yang dirancang perupa Michelangelo, di mana pemimpin Kristen dan non-Kristen memberi pesan kepada politisi.

Dalam pidatonya, Paulus Fransiskus menyatakan bahwa perdamaian lebih dari segalanya dibanding politik. Dia menyebut Tuhan akan menuntut balas mereka yang tak mencari damai.

"Dia akan menuntut pertanggungjawaban kepada mereka yang sudah mengobarkan perang terhadap rakyat dunia selama berhari-hari hingga bertahun-tahun.

Justin Welby, Uskup Agung Canterbury sekaligus pemimpin Gereja Anglikan dilaporkan tidak bisa datang karena terkendala Covid-19.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/21/155606070/pertama-kalinya-paus-fransiskus-pakai-masker-di-depan-umum

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke