Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kembali ke Washington di Hari Ulang Tahun, Trump Disambut Demonstrasi

Trump kembali ke ibu kota setelah merayakan bertambahnya usia ke-74 tahun di padang golf miliknya di New Jersey, di akhir pekan.

Setelah memberikan pidato dalam kelulusan West Point, sang presiden meninggalkan Bedminster pada Minggu (14/6/2020) bersama stafnya.

Di antaranya adalah penasihat sekaligus anak dan menantunya, Ivanka dan Jared Kushner, Kepala Media Sosial Dan Scavino, dan Wakil Sekretaris Staf, Catherine Keller.

Namun, tidak ada tanda keberadaan Ibu Negara Melania Trump. Bahkan, dia tidak mengucapkan selamat ulang tahun kepada sang suami.

Dilansir Daily Mail, Ivanka mengunggah foto masa kecil di mana dia dipangku oleh Donald Trump. "Selamat ulang tahun @realdonaldtrump. Aku menyayangimu!"

Ibu Negara Melania Trump absen setelah muncul buku, membeberkan rumor perjanjian pranikah yang dia rundingkan bersama suaminya.

Perwakilan Melania sudah menyatakan, The Art of Her Deal: The Untold Story of Melania Trump yang ditulis jurnalis Washington Post, Mary Jordan, sebagai "fiksi".

Presiden dari Partai Republik itu kembali ke Gedung Putih, di mana demonstrasi terjadi menyusul kematian George Floyd tiga pekan lalu.

Ribuan orang melakukan aksi damai dengan berjalan dari Museum Nasional Sejarah dan Kebudayaan Afrika Amerika ke depan Gedung Putih, pada Minggu pagi waktu setempat.

Mereka berkumpul di area Gereja Episkopal St John, di mana massa dari Islam, Yahudi, Hindu, hingga Sikh bernyanyi dan berdoa.

Peserta demonstrsi menari di jalanan, dengan ada yang menerbangkan balon bocah Trump yang hanya mengenakan popok di seluruh area.

Demonstrasi tersebut tidak hanya terjadi di ibu kota, namun juga berlangsung di sejumlah kota seperti Los Angeles, New York City, hingga Montana.

Di LA, Hollywood Boulevard terpaksa ditutup setelah sekelompok besar pendemo memasuki kawasan itu, dan menyuarakan protes kematian George Floyd.

Meski begitu, hari ulang tahun Trump dirayakan secara meriah di Florida, di mana ratusan orang di perairan Fort Lauderdale membentangkan bendera di flotilla.

Disebut sebagai "Trumptilla", acara tersebut diikuti oleh 1.000 kapal. "Ini mengenai patriotisme," kata penyelenggara Esther Byrd kepada News4Jax.

Byrd mengatakan, mereka mencintai negara mereka dan muak melihat segala perilaku negatif ini. Jadi, mereka memilih merayakan hari jadi sang presiden dan menyanyikan God Bless America.

https://www.kompas.com/global/read/2020/06/15/135736870/kembali-ke-washington-di-hari-ulang-tahun-trump-disambut-demonstrasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke