Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Kluster Baru Infeksi Corona di Jilin, China | Kisah Pelaut India Diculik Bajak Laut

KOMPAS.com - Kabar populer global dimulai dari munculnya kluster baru infeksi virus coroona di sebuah kota di timur laut China.

Di sana, sebuah kluster baru membuat perbatasan mereka terpaksa ditutup termasuk penangguhan hubungan transportasi demi mencegah penyebaran virus yang lebih luas.

Sementara itu, jauh dari kapal tanker minyak di perairan Afrika Barat, seorang pria dari India menceritakan pengalamannya yang pernah diculik dan disiksa oleh bajak laut.

Seluruh rangkaian berita populer global dapat Anda simak dalam Populer Global yang tayang sejak Rabu (13/5/2020) sampai Kamis (14/5/2020).

1. Kluster Baru Infeksi Virus Corona di Kota Jilin, China

Sebuah kota di timur laut China menutup sebagian perbatasannya dan memutus hubungan transportasi setelah muncul kluster baru virus corona lokal yang memicu kekhawatiran gelombang kedua infeksi di Negeri Panda itu.

Dilansir media Perancis AFP, kota Jilin yang terletak di Provinsi Jilin, dengan populasi lebih dari 4 juta jiwa itu menangguhkan layanan transportasi bus pada Rabu (13/5/2020).

Para penduduknya hanya diperbolehkan keluar kota itu apabila telah diuji negatif untuk Covid-19 dalam 48 jam terakhir dan menyelesaikan isolasi mandiri yang ketat.

Tempat publik seperti bioskop, pusat kebugaran dalam ruangan, warung internet dan tempat hiburan tertutup lainnya segera ditutup.

Simak lebih lanjut berita ini di sini.

2. Kisah Pelaut India Diculik Bajak Laut Selama 70 Hari: 'Hanya Makan Mie, Dibacok Pisau, dan Tidak Digaji Pemilik Kapal'

Sudeep Choudhury berharap dapat bertualang dan memperoleh penghasilan yang lebih baik dengan bekerja di kapal dagang.

Namun pelayarannya di atas sebuah tanker minyak di perairan Afrika Barat yang berbahaya dan jauh dari rumah justru memperburuk kehidupannya.

Bagi Sudeep, bekerja bagi sebuah kapal menjanjikan pelarian dari semua masalah tersebut. Ia tertarik setelah mendengar kisah gaji besar, banyaknya lapangan kerja, dan kesempatan untuk melihat dunia.

Sudeep dan kawan-kawannya ditahan sekumpulan bajak laut dan telah dibawa ke penjara mereka di tengah hutan setelah naik kapal selama berjam-jam melalui delta perairan tersebut.

Di hari-hari pertama mereka menjadi sandera, pesan dari bajak laut, yang kadang memukuli mereka, disampaikan dengan jelas: jika tidak ada yang membayar tebusan, kami akan membunuh kalian.

Para bajak laut menyeret sebuah kerangka manusia dari rawa untuk menunjukkan ke para pelaut mantan sandera yang bosnya menolak membayar tebusan.

Bagaimana kelanjutan kisah Sudeep dan teman-temannya yang ditahan bajak laut? Simak selengkapnya di sini.

3. Viral Foto Pasangan Telanjang pada Hari Berkebun Tanpa Busana di Australia

Pasangan dari Queensland, Australia yang fotonya menjadi viral mengucapkan terima kasih pada teman-teman yang telah mengirimkan foto mereka ke ajang ' World Naked Gardening Day' atau Hari Berkebun Tanpa Busana.

Wil Kemp dan Melanie Meaglie tidak memakai busana apa pun, hanya topi dan sepatu dalam rangkaian foto yang diambil di halaman belakang rumah mereka di kawasan Cairns.

Mereka juga menggunakan beberapa aksesoris saat sesi pemotretan, termasuk seekor ular phyton besar.

Sejak foto-foto mereka dimuat pada perayaan hari berkebun itu, album pasangan ini telah dibagikan lebih dari 149.000 kali di Facebook.

"Kami sama sekali tidak menduganya," kata Wil, "Foto-foto itu adalah sesuatu yang seharusnya dibagikan di antara keluarga dan teman-teman kami di Facebook".

"Saya bahkan tidak berpikir untuk menekan tombol privasi dan secara otomatis foto-foto tersebut kemudian bisa diakses publik."

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Petugas Karcis di London Tewas akibat Covid-19 Setelah Diludahi Seorang Pria

Seorang petugas karcis di Stasiun Victoria, London, dikabarkan tewas setelah diludahi seorang pria yang mengaku terinfeksi Covid-19.

Petugas karcis itu, Belly Mujinga (47), pada 22 Maret lalu tengah bekerja dengan seorang rekannya di sebuah tempat terbuka di Stasiun Victoria, kemudian diludahi oleh seorang pria yang mengklaim dirinya memiliki Covid-19.

Pria itu bertanya kepada Mujinga dan rekannya, "Kenapa kalian berdua di sini?"

Mujinga dan rekannya menjawab, "Kami sedang bekerja."

Lalu pria itu menjawab, "Saya punya Covid-19," lalu pria itu tiba-tiba meludahi Mujinga dan rekannya.

Simak berita selanjutnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2020/05/14/051322170/populer-global-kluster-baru-infeksi-corona-di-jilin-china-kisah-pelaut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke