Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Virus Corona di Eropa: Sepak Bola Ditunda, Pemain dan Pelatih Positif Terinfeksi

KOMPAS.com - Wabah virus corona yang telah naik tingkat ke pandemik turut berimbas ke kompetisi sepak bola Eropa.

Sejumlah pertandingan harus ditunda, baik liga domestik maupun kancah internasional seperti Liga Champions dan Liga Europa.

Beberapa klub pun menerapkan karantina kepada para pemainnya.

Berikut ini adalah negara-negara yang laju sepak bolanya terhambat akibat penyebaran virus corona, yang dirangkum dari pemberitaan AFP.

1. Inggris

Liga Primer adalah kompetisi domestik terbaru yang ikut terdampak virus corona.

Laga Manchester City vs Arsenal pada Rabu (11/3) harus ditunda lantaran para pemain Arsenal harus menjalani karantina setelah melakukan kontak dengan pemilik Olympiakos, Evangelos Marinakis, dalam pertemuan kedua tim di Liga Europa (28/2/2020).

Marinakis dinyatakan positif virus corona dan sempat bersalaman dengan pemain-pemain Arsenal, termasuk manajer The Gunners Mikel Arteta yang kemudian juga tertular Covid-19.

Meski begitu, laga tandang Arsenal ke Brighton dijadwalkan akan tetap berjalan, karena periode karantina telah selesai.

Namun ada wacana pemerintah akan menerapkan pertandingan dimainkan tanpa penonton sampai akhir musim, dan pub-pub di Inggris dilarang menyiarkan pertandingan di televisi untuk menghindari berkumpulnya massa.

2. Spanyol

La Liga menunda semua pertandingan di kasta tertinggi selama dua pekan, setelah menggelar pertemuan dengan federasi sepak bola Spanyol RFEF dan Asosiasi Pesepak Bola Spanyol AFE.

Sebelumnya pada Selasa ditetapkan pertandingan dimainkan tanpa penonton, tapi kemudian diputuskan untuk ditunda seluruhnya.

Keputusan ini turun bersamaan dengan Real Madrid yang mengarantina pemain-pemain di tim utama, setelah ada salah satu pemain basketnya yang positif virus corona.

Pemain basket dan sepak bola Real Madrid memakai fasilitas yang sama di pusat pelatihannya.

Final Copa del Rey antara Real Sociedad vs Athletic Bilbao yang dijadwalkan pada 18 April juga ditunda.

Sampai Kamis (12/3/2020) Spanyol mengumumkan 2.140 kasus virus corona dengan 48 korban meninggal.

3. Italia

Pertandingan di Serie A harus ditunda sampai 3 April mendatang, sesuai instruksi lockdown Italia yang ditetapkan Perdana Menteri Giuseppe Conte.

Pada Rabu (11/3/2020) Juventus mengumumkan pemainnya, Daniele Rugani, positif mengidap virus bernama resmi SARS-CoV-2 ini.

Akhir pekan lalu semua pertandingan sempat dimainkan tanpa penonton. Namun jadwal Serie A sudah telanjur molor empat pekan dari yang seharusnya sudah dimainkan.

Sementara itu Coppa Italia juga terhenti. Pekan lalu leg kedua semi-final ditunda.

4. Jerman

Laga pertama Bundesliga yang dimainkan tanpa penonton digelar pada Rabu (11/3/2020) yang mempertemukan Borussia Moenchengladbach dengan Koeln.

Semua pertandingan Bundesliga akhir pekan ini akan dimainkan secara tertutup.

Akhir pekan lalu, Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn menyerukan semua acara yang melibatkan lebih dari 1.000 orang harus dibatalkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Rabu lalu, Timor Huebers yang bermain di klub divisi dua Hannover 96 adalah pesepak bola pertama yang terinfeksi virus corona di Jerman.

5. Perancis

Situasi berubah cepat di "Negeri Eiffel". Akhir pekan lalu pertemuan PSG dengan Strasbourg harus ditunda terkait penyebaran virus corona di bagian timur Perancis.

Adanya instruksi dari pemerintah Perancis untuk membatalkan semua acara yang melibatkan lebih dari 1.000 orang, turut berimbas ke sepak bola di sana.

Sampai 15 April semua pertandingan Ligue 1 dan Ligue 2 dimainkan tanpa penonton.

Final Piala Liga antara PSG vs Lyon yang sedianya digelar pada 4 April, juga ditunda agar di kemudian hari bisa disaksikan banyak orang di stadion.

6. Negara-negara lainnya

Swiss pekan lalu menunda semua pertandingan di dua kasta teratas mereka sampai akhir Maret.

Kemudian Portugal menetapkan semua pertandingan di dua divisi tertinggi dimainkan tanpa penonton, sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Yunani juga menerapkan pertandingan tertutup selama dua pekan, sedangkan di Belanda laga yang dimainkan di selatan provinsi Braban Utara harus ditunda, dan ini adalah wilayah asal PSV Eindhoven.

Beberapa karyawan Ajax Amsterdam harus dikarantina sejak pekan lalu, usai kunjungan Thomas Kahlenberg di Amsterdam.

Eks pemain internasional Denmark itu dinyatakan positif virus corona.

https://www.kompas.com/global/read/2020/03/13/100026470/virus-corona-di-eropa-sepak-bola-ditunda-pemain-dan-pelatih-positif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke