Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, Kemenag Anggarkan Dana Rp 950 Miliar

Kompas.com - 28/08/2023, 20:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan seleksi bagi penerima Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) setiap tahunnya.

Ketua Project Management Officer (PMO) BIB Kemenag, Ruchman Basori mengatakan, kuota Beasiswa Indonesia Bangkit mencapai 3.000-4.000 setiap tahunnya.

Baca juga: Gagal Kuliah di Jurusan Kedokteran, Rahmat Justru Dapat Beasiswa di AS

"Peluang mendapat beasiswa ini diperebutkan oleh para pelaku pendidikan yang dijaring melalui seleksi BIB Kemenag dari mulai santri, mahasiswa, alumni, ustaz, kiai, dosen, guru PAI pada sekolah dan madrasah, serta tenaga kependidikan," kata dia dikutip dari laman Kemenag (28/8/2023).

Dia menyebut, beasiswa ini terbuka juga bagi peserta dari lembaga pendidikan keagamaan selain binaan Pendidika Islam, baik dari Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

Dia mengajak semua pihak untuk memanfaatkan program BIB Kemenag, khususnya bagi lulusan S1 yang ingin melanjutkan studi lanjut S2 maupun S3.

BIB merupakan beasiswa kolaborasi antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kemenag untuk memberikan kesempatan para alumni perguruan tinggi keagamaan binaan Kemenag untuk studi lanjut S1, S2, dan S3 di dalam maupun luar negeri.

BIB Kemenag 2023 merupakan tahun kedua dengan anggaran mencapai Rp 950 miliar untuk beasiswa S1, S2, S3, dan Non Degree.

Dia berharap bagi yang ingin meraih beasiswa BIB, maka bisa mempersiapkan diri, baik TOEFL, kesiapan akademik untuk studi lanjut, serta kesiapan daya tahan dan daya juang mendapatkan program beasiswa.

"Kesempatan tidak datang dua kali, silahkan manfaatkan Beaisswa Indonesia Bangkit Kemenag ini untuk meraih impian kuliah di perguruan tinggi bergengsi," tutur dia.

Baca juga: 10 Fakultas Teknik Terbaik di Indonesia, Ada 1 PTS

Pemberian beasiswa ini, lanjut dia, demi menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Kita harus sambut dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, berkarakter dan mempunyai daya saing di kancah internasional," jelas dia.

3.241 mahasiswa minat Beasiswa Indonesia Bangkit 2023

Plt. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Sidik Sisdiyanto pernah mengatakan, program Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 banjir peminat.

Menurutnya, ada 13.372 mahasiswa yang mendaftar, terdiri atas 5.280 peserta seleksi program S1, 4.368 program S2, dan 3.724 program S3.

Baca juga: Beasiswa S2 Chevening Scholarship Dibuka September 2023, Ini Syaratnya

"Setelah dilakukan seleksi administrasi dan tes bakat skolastik, sebanyak 3.241 mahasiswa berhak melanjutkan ikut seleksi interview program BIB," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com