Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rachel Amanda Raih Beasiswa BPI Kemendikbud 2023

Kompas.com - 28/06/2023, 12:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktris Rachel Amanda menjadi salah satu penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) melalui jalur pelaku budaya. Tahun ini, Rachel akan melanjutkan studi S2 di University of Amsterdam jurusan Communication Science: Entertainment Communication.

Rachel sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bagi pelaku budaya untuk melanjutkan studi melalui beasiswa BPI.

“Rasanya sangat senang dan bersyukur ketika mengetahui bahwa Kementerian Pendidikan memberikan kesempatan bagi kami selaku pelaku budaya untuk melanjutkan studi dalam tingkat akademik sesuai dengan apa yang kami minati atau karir yang sedang kami jalankan sekarang,” ujar Rachel dalam webinar daring Silaturahmi Merdeka Belajar: Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia yang digelar Kemendikbudristek pada Kamis (22/6/2023).

Rachel menyebutkan saat ini masih sedikit pelaku budaya yang mengetahui adanya beasiswa tersebut. Padahal menurut Rachel, pelaku budaya bisa meningkatkan kualitas dan memperdalam ilmu lewat beasiswa ini.

Baca juga: KIP Kuliah 2023 untuk Kampus Swasta Dibuka Besok, Cek Daftar PTS

“Belum semua para pelaku budaya mengetahui adanya beasiswa ini. Justru (beasiswa) ini tuh sesuatu yang saya coba bantu untuk komunikasikan juga,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rachel menyampaikan masih banyak para pelaku budaya yang beranggapan bahwa pelaku budaya tidak perlu untuk melanjutkan sekolah secara formal.

“Dari kami selaku para budaya ada saja yang berpikiran kayaknya kalau pelaku budaya tidak perlu sekolah formal karena karirnya tetap jalan. Saya rasa masih ada anggapan seperti itu,” kata Rachel.

Bagi pelaku budaya, Rachel berpendapat bahwa pendidikan menjadi salah satu faktor dalam melestarikan kebudayaan dan juga meningkatkan kesejahteraan.

Baca juga: 4 Kampus Terbaik di Timur Tengah dan Pilihan Beasiswa S1, S2, dan S3

“Padahal budaya itu kan sebenarnya salah satu aspek yang sangat kuat ketika kita berbicara tentang memperkenalkan negara ke kancah internasional dan warisan yang ada sejak dulu yang ingin kita lestarikan. Pendidikan menjadi satu-satunya aspek yang bisa dijalankan jika mau meningkatkan kesejahteraan hidup di bidang apapun, termasuk kebudayaan,” tuturnya.

Rachel berharap dapat mengimplementasikan ilmu yang dimiliki setelah menyelesaikan S2 nanti dapat diimplementasikan kepada masyarakat. 

"Saya ingin informasi yang saya sampaikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat luas, tapi dengan cara yang efektif dan menyenangkan. Itu juga alasan saya memilih jurusan Entertainment Communcation," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com