Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka 29 Mei, Cek Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri Unair 2023

Kompas.com - 26/05/2023, 17:39 WIB
Dwi Oktariana,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Airlangga akan membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri 2023 pada 29 Mei 2023.

Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) merupakan seleksi masuk Universitas Airlangga yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Airlangga untuk jenjang Sarjana dan Vokasi.

Baca juga: Siswa SD hingga SMA Libur Sekolah pada 1-4 Juni 2023, Ini Infonya

Unair membuka tiga jalur seleksi mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024, yaitu SMUA jalur UTBK dan TKA, SMUA Reguler Ujian Tulis, dan SMUA Kemitraan Ujian Tulis.

Bagi calon mahasiswa yang berencana untuk mendaftar lewat jalur mandiri Unair, pendaftaran dapat dilakukan secara daring lewat laman resmi Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair.

Calon mahasiswa yang mendaftar jalur mandiri SMUA Unair akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 untuk 2 pilihan program studi (Prodi) kelompok Saintek atau Soshum dan Rp 500.000 untuk 2 pilihan prodi kelompok campuran (saintek dan soshum).

Dilansir dari laman PPMB Unair, berikut informasi persyaratan, cara daftar, dan jadwal pendaftaran jalur mandiri Unair 2023.

Syarat daftar Jalur Mandiri Unair 2023

Ada dua persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar jalur mandiri Unair 2023, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus bagi calon mahasiswa yang mendaftar di beberapa prodi tertentu.

Baca juga: Dosen Unair: Alasan Mental Picu Ramai Gen Z Tinggalkan Smartphone

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Lulusan SMA/MA/SMK atau yang setara tahun 2021, 2022 dan 2023. Bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang setara dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  • Lulusan tahun 2021 dan 2022 harus sudah memiliki ijazah dan bagi tahun 2023 sekurang-kurangnya memiliki Surat Keterangan Kelas XII dari sekolah yang memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Persyaratan Khusus

  • Lulusan SMA/MA IPA untuk pendaftar program studi Kebidanan, Kedokteran, Kedokteran Gigi. Lulusan SMA/MA IPA atau SMK Farmasi/Kesehatan untuk pendaftar program studi Farmasi.
  • Berjenis kelamin perempuan untuk pendaftar program studi Kebidanan
  • Tidak buta warna total untuk pendaftar program studi Kedokteran Gigi, Biologi, Fisika, Teknik Biomedis, Teknik Lingkungan, Gizi, Akuakultur, Teknik Industri Perikanan, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Teknik Industri, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, dan Teknologi Sains Data.
  • Tidak buta warna total dan parsial untuk pendaftar program studi Kebidanan, Kedokteran, Farmasi, Kimia, Kesehatan Masyarakat, Teknik Elektro, dan Rekayasa Nanoteknologi.

Baca juga: Cek Daya Tampung 43 Jurusan di Jalur Mandiri Unair 2023

Cara daftar Jalur Mandiri Unair 2023

Calon mahasiswa yang akan mendaftar jalur mandiri Unair 2023 harus melakukan registrasi akun pada laman portal pendaftaran Universitas Airlangga.

Setelah memiliki akun, pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi persyaratan dokumen pendaftaran.

Cara registrasik akun pendaftaran:

1. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga pada laman https://pendaftaran.unair.ac.id.

2. Klik menu “Registrasi”.

3. Setelah tampilan muncul, kemudian isi data diri berupa nama, nomor telepon atau handphone (disarankan menggunakan nomor handphone), email, dan password yang diinginkan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com