Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Beasiswa Mahasiswa D4 dan S1 UGM Dibuka Maret 2023

Kompas.com - 13/03/2023, 20:23 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ingin mencari beasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM)?

Ada 6 beasiswa khusus UGM yang dibuka pada bulan Maret 2023 dengan total kuota mencapai diatas 100 mahasiswa

6 program beasiswa ini khusus bagi mahasiswa program S1 dan sarjana terapan atau D4.

Sejak awal tahun 2023 hingga bulan Maret, Direktorat Kemahasiswaan UGM telah mengelola lebih dari 90 jenis mahasiswa dengan total nilai mencapai Rp78.645.363.000,00.

Beasiswa ini diberikan kepada 7.894 mahasiswa program sarjana terapan, sarjana, serta pascasarjana, sebagai bentuk perhatian dan dukungan UGM kepada para mahasiswa.

Baca juga: Beasiswa Seabank buat Mahasiswa D3 dan S1, Dapat Bantuan Rp 10 Juta

Sementara beasiswa bergengsi yang patut dicoba mahasiswa di bulan Maret 2023, adalah beasiswa Bank Indonesia untuk skema unggulan dan skema reguler dengan kuota mencapai 130 mahasiswa.

Lalu Beasiswa PT Indomegah Sehat dengan kuota 24 mahasiswa, beasiswa Bank OCBC NISP Syariah dengan kuota 10 mahasiswa, beasiswa Tenaris Roberto Rocca dengan kuota 14 mahasiswa, terakhir yakni beasiswa VDMI. 

Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Sindung Tjahyadi, mengatakan banyaknya beasiswa bagi mahasiswa merupakan komitmen nyata UGM.

“Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi yang sangat memperhatikan mahasiswa berekonomi lemah dan memiliki prestasi yang tinggi. Salah satu bentuk perhatian dan bentuk nyata dari usaha yang dilakukan UGM itu adalah pemberian beasiswa,” ucapnya dilansir dari laman UGM.

Sindung tidak menampik bahwa untuk menjalankan mandatnya, UGM memerlukan sumber pendanaan yang besar.

Baca juga: 5 Beasiswa S2 dan S3 ke Luar Negeri Tanpa Batas Waktu Pendaftaran

Sebagai universitas perjuangan, universitas nasional, dan universitas kerakyatan, UGM selalu membuka akses pendidikan seluas-luasnya untuk segenap anak bangsa yang berprestasi untuk bergabung di dalamnya.

“Tidak berarti bahwa universitas ini hanya untuk golongan orang-orang kaya sedangkan masyarakat yang tidak mampu secara finansial tidak dapat mengenyam pendidikan tinggi di UGM,” imbuhnya.

Pada tahun 2022 lalu, UGM mampu menyediakan 192 jenis beasiswa dengan nilai sebesar Rp 304.619.659.421 yang disalurkan untuk 14.122 mahasiswa.

Dana tersebut berasal dari internal UGM, yayasan UGM, alumni UGM, serta para mitra UGM yang terdiri atas mitra pemerintah, BUMD, BUMN, maupun mitra luar negeri.

Direktorat Kemahasiswaan UGM sendiri mengelola beasiswa bagi mahasiswa program Sarjana dan Sarjana Terapan yang meliputi enam kategori beasiswa, yaitu:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com