Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.670 Mahasiswa UB Terima Beasiswa KIP Kuliah

Kompas.com - 02/11/2022, 19:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 1.670 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menerima pembekalan dan buku tabungan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) dan Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) di Gedung Samantha Krida, Rabu (2/11/2022).

Direktur Direktorat Kemahasiswaan UB, Dr. Agung Pramana Warih Marhendra mengatakan, pendidikan merupakan hal yang sangat penting terutama dalam keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Kisah Ale, Wisudawan ITB dengan IPK Tertinggi 3,98

"Adik-adik ini nantilah yang 10 hingga 20 tahun ke depan bisa memanfaatkan penguasaan teknologi, menggantikan posisi kita yang sudah berumur, sehingga Indonesia tidak akan bergantung dengan bangsa lain," kata dia dalam keterangannya.

Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa juga mendapat motivasi dari Direktur Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik UB, Dr. Rosihan Asmara.

Rosihan menyatakan, awal kuliah merupakan masa transisi dari SMA ke jenjang perguruan tinggi.

Menurut Rosihan, hal ini membawa beban psikologis tersendiri bagi masing-masing mahasiswa.

"Beban psikologis karena ada masa transisi pembelajaran dari SMA ke kuliah sehingga harus ada kontrol dari diri sendiri. Saya berharap anda tidak tergantung ke teman anda," ungkap dia.

Rosihan menegaskan, mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah seharusnya bersyukur karena tidak memikirkan biaya pendidikan lagi.

"Banyak di antara anda mikir sudah dua kali. Mikir kuliah dan cari biaya, sehingga anda harus bener-bener berkonsentrasi di kuliah. Anda sudah dikorting tidak cari biaya dan anda tidak memanfaatkan maksimal maka anda rugi," ucapnya.

Dia menambahkan UB punya kebijakan memonitor prestasi setiap mahasiswanya.

"Kalau IPK turun Anda (mahasiswa) akan diperingatkan karena anda tidak bisa capai maksimal," ungkap dia.

Baca juga: Sosok Vinka, Mahasiswa ITB Lulus dengan IPK Tertinggi 3,98

Oleh karena itu, maka harus benar-benar maksimalkan pelaksanaan kuliah, sehingga bisa selesai tepat waktu menjalankan studi kuliahnya.

"Kalau sudah wisuda silahkan bersenang-senang lagi," jelas dia.

Dari 1.670 mahasiswa yang menerima beasiswa KIP Kuliah, rinciannya adalah 39 mahasiswa (Fakultas Hukum), 137 mahasiswa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), 144 (Fakultas Ilmu Adminitrasi), 178 mahasiswa (Fakultas Pertanian), 95 mahasiswa (Fakultas Peternakan), dan 101 mahasiswa (Fakultas Teknik).

Kemudian ada 13 mahasiswa (Fakultas Kedokteran), 174 mahasiswa (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), 140 mahasiswa (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), dan 119 mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian.

Lalu ada 111 mahasiswa (Fakultas Ilmu Budaya), 99 mahasiswa (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), 12 mahasiswa (Fakultas Kedokteran Hewan), 65 mahasiswa (vokasi), 73 mahasiswa (Ilmu komputer), 1 mahasiswa (Fakultas Kedokteran Gigi), 32 mahasiswa (Fakultas Ilmu Kesehatan), 111 mahasiswa (PSDKU Kediri), dan 36 mahasiswa (Program ADIK).

Baca juga: 80 Orang Penerima Beasiswa MORA 5000 Doktor-LPDP Tak Terima Hak 9 Bulan

Beasiswa yang diterima mahasiswa penerima KIP Kuliah sebanyak Rp 5.700.000 di luar biaya UKT. Beasiswa tersebut akan cair setiap enam bulan sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com