Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pemulihan Ekonomi, Evermos Gelar Beasiswa hingga Pemberdayaan Perempuan

Kompas.com - 10/03/2022, 21:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Vaksinasi booster covid-19 menimbulkan optimisme pulihnya perekonomian Indonesia. Evermos, startup social-commerce, berkomitmen untuk ambil bagian dalam pemulihan ekonomi tersebut melalui berbagai program, mulai dari beasiawa dan pelatihan kerja, hingga pemberdayaan perempuan.

Bekerja sama dengan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) dan perusahaan penyedia pelatihan Refactory, Evermos menggelar prgram Developer Muda Camp (DevMu) yang berlangsung sejak Januari hingga Maret 2022.

Pesertanya tidak terbatas hanya berasal dari organisasi Muhammadiyah saja, melainkan terbuka untuk umum.

"Saya berharap dari kerja sama ini kita dapat menciptakan satu sinergi yang baik," ungkap Jauhari Khairul Kawistara, Co-Founder dan Head of Technology Evermos. Ia juga menyampaikan program ini bertujuan membangun generasi muda yang semakin mumpuni dalam berkarya di era teknologi digital.

"Kami berharap dapat memperkaya IPM dengan pemahaman dan pemanfaatan teknologi pemrograman," tutur Andri Wahyudi, Ketua Pelaksana DevMu dan Sekretaris Bidang Teknologi Informasi PP IPM.

Penerima beasiswa mendapatkan fasilitas stay-in lengkap seperti penginapan dan akomodasi, serta program pelatihan yang komprehensif seperti real study case, kurikulum terbaru, dan pendampingan langsung dari para profesional.

Yang tak kalah menarik, di akhir pelatihan para peserta berkesempatan untuk langsung mendapatkan posisi bekerja di Evermos.

"Dengan hadirnya kandidat-kandidat yang kompeten, nanti mereka dapat berkontribusi secara langsung dalam menciptakan berbagai produk digital yang turut mendukung upaya pemberdayaan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi inklusif antara individu masyarakat, mitra UMKM, dan konsumen," jelasnya.

Baca juga: Hari Perempuan Internasional, Ini Rektor-Rektor Perempuan di Indonesia

Pemberdayaan perempuan

Tidak hanya melalui beasiswa orang muda, Evermos juga mendukung peran perempuan dalam pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19.

Komitmen ini dibarengi dengan masuknya Evermos menjadi penandatangan Women's Empowerment Principles (WEPs) dari UN Women melalui program WeEmpower Asia yang didukung Uni Eropa, untuk mempromosikan kesetaraan gender di seluruh ekosistem Evermos.

Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2022, Evermos meluncurkan kampanye #PerempuanAndalan, yang berfokus pada peran perempuan di keluarga sebagai kunci penting untuk mendukung ekonomi nasional.

Didirikan pada tahun 2018, Evermos telah memberdayakan lebih dari 100,000 perempuan di seluruh Indonesia dengan memberikan mereka akses untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai reseller.

"Ketika perempuan dapat bekerja melalui kegiatan wirausaha dan berjualan, perempuan dapat memperoleh kebebasan secara finansial dan mandiri yang dapat membantu menyumbang pendapatan rumah tangga", ujar Iqbal Muslimin, Chief of Sustainability Evermos melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (8/2/2022).

Selain memberikan akses menjadi reseller yang gratis, mudah dan inklusif, Evermos juga memberikan edukasi dan pelatihan untuk ekosistemnya. Lebih dari 18.000 jam pelatihan diberikan oleh Evermos dalam rentang waktu tahun 2021 lalu.

Pelatihan diberikan baik online dan offline sebagai bentuk pemberdayaan mengembangkan kemampuan dasar berjualan, termasuk di dalamnya pelatihan pengembangan wirausaha, membangun komunitas, pemilihan produk sampai keterampilan finansial dan bersosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com