Kompas.com - 11/10/2021, 10:41 WIB
DQLab UMN Dok. DQLab UMNDQLab UMN

KOMPAS.com - Minat dan bakat menjadi pertimbangan penting saat memilih jurusan kuliah. Minat akan membuat kamu tetap semangat saat menghadapi perkuliahan sulit, sedangkan bakat akan membuat kamu lebih mudah mengembangkan ilmu yang didapat.

Tak kalah penting, prospek kerja para lulusan dari jurusan tersebut juga perlu menjadi pertimbangan karena sedikit banyak akan memengaruhi arah karier setelah lulus nantinya.

Terlepas dari berbagai pertimbangan, pendidikan tinggi diharapkan dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa menuju karier yang mapan dan sesuai dengan keinginan di masa depan.

Bila kamu kini kamu sedang mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan dipilih, berikut adalah 7 jurusan kuliah dengan peluang gaji besar dan tengah menjadi tren di Indonesia, melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara:

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

1. Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih menjadi alasan bagi banyak perusahaan untuk membuka pekerjaan pada bidang IT.

Meluasnya berbagai kebutuhan dan pemanfaatan IT dalam pengembangan bisnis seperti programmer, software engineer dan developer semakin banyak dibutuhkan.

Memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis dan perusahaan, pekerja pada bidang ini di Indonesia bisa memiliki gaji besar dengan rata-rata di atas Rp 10 juta per bulan.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara (BINUS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan BRI Institute.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

2. Sains Data

Banyak perusahaan yang membutuhkan praktisi ahli untuk mengolah data. Hal ini diakibatkan oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat serta bisnis yang bergantung pada data untuk pertumbuhannya.

Peran lulusan sains data sangat penting karena perusahaan membutuhkan mereka untuk mengolah data menjadi informasi. Oleh karena itu, gaji di bidang ini juga besar karena perannya tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.