Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa S2-S3 Perempuan ke Amerika Tanpa TOEFL, Tunjangan Rp 192 Juta

KOMPAS.com - Perempuan Indonesia yang ingin lanjut kuliah jenjang S2 dan S3 di luar negeri, ada tawaran menarik dari Philanthropic Educational Organization atau PEO.

PEO adalah sebuah organisasi yang mendukung dan menjunjung kesetaraan serta pendidikan bagi perempuan.

Melalui program Beasiswa Perdamaian Internasional, perempuan dari seluruh negara bisa mengambil studi pascasarjana atau S2 dan S3 di Amerika Serikat atau Kanada.

Setiap tahunnya, PEO memberikan tunjangan pendidikan tunai sebesar 12,500 dollar Amerika atau setara Rp 192 juta kepada para penerima beasiswa.

Dengan mendaftar beasiswa khusus perempuan ini, diharapkan penerima akan kembali ke negara asal mereka untuk menggunakan pendidikan mereka, memberikan dampak positif, dan mendorong perdamaian global.

Menariknya dari beasiswa ini, tidak ada persyaratan yang rumit. Bahkan tidak ada persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK serta tidak ada syarat khusus sertifikat semacam TOEFL. Meski begitu, kecakapam Bahasa Inggris tentu bisa dibuktikan dengan sertifikat, namun beasiswa ini tidak mencantumkan nilai minimal apapun. 

Beasiswa ini juga tidak ada batas usia. Artinya selama kamu layak menjadi calon penerima beasiswa, maka kamu bisa mengajukan diri. 

Kamu juga bisa memilih kampus tujuan yang kamu daftar. Sehingga tidak ada batasan kampus mana yang harus dipilih dalam program ini.

Beasiswa ini sudah dibuka sejak 15 September dan akan ditutup pada 15 Desember 2023.

Untuk persyaratan lengkap, cek persyaratan beasiswa S2 dan S3 khusus perempuan ke Amerika Serikat dan Kanada berikut ini.

Cakupan Beasiswa S2 dan S3 khusus Perempuan ke Amerika 2024

1. Bukan warga negara Amerika Serikat dan Kanada

2. Harus berjenis kelamin perempuan

3. Memiliki setahun penuh sisa kursus, terdaftar, dan tinggal di tempat selama satu tahun akademik penuh.

Persyaratan dokumen

1. Formulir Aplikasi

2. Surat Rekomendasi: Satu atau lebih surat rekomendasi dari individu yang dapat memberikan informasi tentang prestasi akademis, karakter, dan kelayakan penerima.

3. Transkrip Akademis: Salinan transkrip akademik, ijazah resmi dari institusi pendidikan yang telah atau sedang dihadiri.

4. Pernyataan tujuan: berisi pernyataan yang menjelaskan alasan Anda memilih program studi tertentu, rencana karir, dan bagaimana Anda berencana menggunakan pendidikan Anda untuk mempromosikan perdamaian global.

5. Bukti Kewarganegaraan

6. Bukti Penerimaan di Program Studi: Surat penerimaan atau bukti pendaftaran dari perguruan tinggi atau universitas di Amerika Serikat atau Kanada.

7. Dokumen Pendukung Lainnya: Mungkin diperlukan dokumen tambahan tergantung pada persyaratan spesifik yang ditetapkan oleh PEO. 

Cara Daftar Beasiswa S2 dan S3 khusus Perempuan ke Amerika 2024

  • Melakukan registrasi pada laman https://peointernational.communityforce.com/
  • Submit semua kolom pendaftaran
  • Upload dokumen dan bukti lain yang mendukung mu agar lolos beasiswa ini

Jadwal Pendaftaran Beasiswa S2 dan S3 khusus Perempuan ke Amerika 2024

1. Pendaftaran: 15 September - 15 Desember 2023

2. Pengiriman materi aplikasi lengkap dari para pelamar yang sudah terdaftar dalam program pascasarjana dan sekolah yang menjadi tujuan beasiswa mereka: 1 Februari 2024

3. Pengiriman terakhir materi aplikasi lengkap dari para pelamar yang belum terdaftar dalam program pascasarjana atau sekolah yang menjadi tujuan beasiswa mereka: 15 Maret 2024

4. Hari terakhir untuk mengirimkan materi aplikasi lengkap dari para pelamar yang akan menghadiri Cottey College: 15 Maret 2024

5. Pemberitahuan tentang pemberian beasiswa: 1 Mei 2024

6: Hari terakhir bagi mahasiswa untuk menerima beasiswa IPS: 1 Juni 2024

Demikian informasi mengenai beasiswa khusus perempuan yang ingin lanjut S2 dan S3 ke Amerika Serikat tahun 2024-2025.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/11/10/165700671/beasiswa-s2-s3-perempuan-ke-amerika-tanpa-toefl-tunjangan-rp-192-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke