Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Beasiswa Pertukaran ke AS, Dapat Tunjangan dan Biaya Hidup

Kompas.com - 28/05/2024, 07:13 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kamu yang sedang mencari program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat (AS) mungkin ikut program IREX Community Engagement Exchange (CEE) bisa jadi pilihan.

Dikutip dari laman resminya, program CEE membekali penerima program beasiswa pertukaran yang berdedikasi dengan keahlian, keterampilan, dan sumber daya untuk mengembangkan pendekatan multisektor serta membangun komunitas yang sehat dan terlibat di lebih dari 100 negara.

CEE merupakan program setahun yang dirancang untuk memungkinkan para pemimpin masyarakat sipil berusia 21 hingga 27 tahun untuk memanfaatkan kekuatan jaringan, hubungan, dan informasi demi kepentingan publik. Khususnya pada isu-isu yang berkaitan dengan dialog sipil dan pembangunan perdamaian.

Kemudian isu pemerintahan yang terbuka dan partisipatif, perempuan dan gender, kelestarian lingkungan hidup, serta keterlibatan kaum muda.

Baca juga: Beasiswa Billy Mambrasar, Tanpa Syarat IPK dan Raih Rp 500 Ribu Per Bulan

Program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat

Penerima beasiswa pertukaran pelajar ke Amerika Serikat ini akan mendapatkan berbagai macam keuntungan sebagai berikut:

1. Dukungan visa J-1.

2. Perjalanan pulang pergi dari kota asal peserta ke AS.

3. Tunjangan bulanan untuk membayar tempat tinggal, makanan, dan biaya hidup lainnya selama di AS.

4. Tunjangan kesehatan akibat kecelakaan dan sakit.

Baca juga: Beasiswa S2 ke UK, Kuliah Gratis dan Ada Tunjangan Bulanan

Syarat beasiswa

Jika kamu tertarik mendaftar program ini, berikut persyaratannya:

  • Usia 21-27 tahun.
  • Warga negara dari salah satu negara yang memenuhi syarat yang tercantum di bawah ini.
  • Saat ini tinggal dan bekerja di negara asal mereka pada saat mendaftar.
  • Pertimbangan khusus dapat diberikan kepada individu yang tinggal di negara lain yang memiliki status pengungsi dan bekerja atas nama komunitas asalnya.
  • Memiliki pengalaman profesional atau sukarelawan minimal dua tahun, bekerja di bidang komunitas atau masyarakat sipil, pada saat mendaftar.
  • Semifinalis akan diminta untuk mengikuti tes bahasa Inggris Duolingo para finalis harus mampu memenuhi sebagian besar tujuan komunikasi, bahkan pada topik-topik yang tidak dikenal.
  • Mereka harus memahami ide-ide utama dari tulisan konkret dan abstrak dan mereka harus dapat berinteraksi dengan pembicara yang mahir dengan cukup mudah.
  • Individu dalam kondisi berikut ini tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Program CEE yang berbasis di Amerika Serikat:
  • Warga negara AS dan/atau penduduk tetap Amerika Serikat.
  • Individu yang berpartisipasi dalam program akademik, pelatihan, atau penelitian di Amerika Serikat atau negara lain pada saat melamar.
  • Individu yang tinggal atau bekerja di luar negara asalnya pada saat mendaftar kecuali individu tersebut adalah pengungsi atau memiliki status pengungsi khusus dan bekerja atas nama negara/komunitas asalnya.
  • Individu yang telah berpartisipasi dalam program pertukaran pengunjung yang disponsori atau didanai oleh pemerintah AS (misalnya, Bagian Urusan Publik Departemen Luar Negeri AS di kedutaan besar AS, atau lembaga pemerintah AS lainnya) yang belum memenuhi persyaratan tinggal di AS selama dua tahun pada saat mengajukan permohonan.
  • Individu yang tinggal atau bekerja di luar negara asalnya pada saat mengajukan permohonan, kecuali jika individu tersebut adalah pengungsi atau memiliki status pengungsi khusus dan bekerja atas nama negara/komunitas asalnya.
  • Individu yang telah berpartisipasi dalam program pertukaran pengunjung yang disponsori atau didanai oleh pemerintah AS (misalnya, Bagian Urusan Publik Departemen Luar Negeri AS di kedutaan besar AS, atau lembaga pemerintah AS lainnya) yang belum memenuhi persyaratan tinggal di AS selama dua tahun pada saat mengajukan permohonan.
  • Individu yang telah mengajukan permohonan izin tinggal permanen AS dalam tiga tahun terakhir dan,
  • Kriteria lain yang akan ditentukan melalui konsultasi dengan ECA, termasuk status terkait kesehatan masyarakat berdasarkan panduan dari lembaga federal pada saat aplikasi.

Cara daftar beasiswa

Adapun pendaftaran beasiswa CEE 2025 saat ini sedang dibuka sampai dengan 2 Juli 2024 dan terbuka untuk masyarakat umum.

Baca juga: 18 Beasiswa S1-S3 Luar Negeri Sepi Peminat padahal Benefitnya Melimpah

Jika ada pertanyaan tentang aplikasi, silakan lihat dokumen Pertanyaan yang Sering Diajukan Program CEE atau email ke apply.CEE@irex.org.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com