Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prospek Kerja Jurusan Arkeologi dan Daya Tampungnya di SNBP-SNBT 2023

KOMPAS.com - Jurusan Arkeologi menjadi salah satu jurusan yang bisa dipilih calon mahasiswa di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) maupun jalur Mandiri.

Sebelum memilih jurusan Arkeologi di SNBP 2023, SNBT 2023 maupun jalur Mandiri, ada baiknya kamu mengetahui soal prospek kerja lulusan jurusan ini.

Setelah banyak mendapat informasi mengenai jurusan Arkeologi, calon mahasiswa akan lebih mantap memilih jurusan Arkeologi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Ilmu Arkeologi mengkaji kehidupan manusia serta kebudayaan di masa lampau. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui survei dan penggalian atau ekskavasi.

Prospek kerja jurusan Arkeologi

Para arkeologi ahli inilah yang berperan menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah dari masa lalu.

Melansir dari Kompas.com, Kamis (23/2/2023), jurusan ini banyak mengkaji kehidupan dan kebudayaan kuno di masa lalu lewat benda peninggalannya.

Selama berkuliah, mahasiswa jurusan Arkeologi akan mempelajari budaya manusia dari berbagai zaman dengan menggabungkan ilmu sejarah dan ilmu geologi.

Mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu. Seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat.

Mahasiswa akan banyak menganalisis tentang peristiwa di masa lalu. Seperti mempelajari artefak, mengkaji peninggalan purbakala. Hingga mengira-ngira berapa usia artefak yang ada.

Tak hanya mempelajari sejarah budaya dari berbagai benda peninggalan masa lalu, di jurusan ini juga belajar menganalisis artefak.

Melansir dari laman ugm.ac.id, mahasiswa jurusan Arkeologi akan mendapat mata kuliah seru. Seperti Pengantar Arkeologi, Arkeologi Prasejarah, Akeologi Arsitektur, Ikonografi, Peradaban Kuno, Paleoantropologi, Epigrafi Indonesia, Keramologi, Kuratorial Museum, Rancang Pameran, Metode Ekskavasi, dan masih banyak lagi.

Berikut prospek kerja jurusan Arkeologi yang bisa jadi bahan pertimbangan calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah saat mendaftar SNBP 2023, SNBT 2023 maupun jalur mandiri:

1. Arkeolog

2. Reporter atau jurnalis

3. Pengelola museum

4. Pemandu wisata sejarah

Daya tampung jurusan Arkeologi di SNBP 2023, SNBT 2023

Bagi yang kamu tertarik memilih jurusan Arkeologi, berikut 6 perguruan tinggi negeri (PTN) yang menyediakan jurusan ini dan daya tampungnya di SNBP 2023 maupun SNBT 2023:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

  • Daya tampung SNBP 2023: 20 kursi
  • Daya tampung SNBT 2023: 20 kursi

2. Universitas Indonesia (UI)

  • Daya tampung SNBP 2023: 16 kursi
  • Daya tampung SNBT 2023: 24 kursi

3. Universitas Hasanuddin (Unhas)

  • Daya tampung SNBP 2023: 32 kursi
  • Daya tampung SNBT 2023: 40 kursi

4. Universitas Jambi (Unja)

  • Daya tampung SNBP 2023: 12 kursi
  • Daya tampung SNBT 2023: 36 kursi

5. Universitas Halu Oleo (UHO)

  • Daya tampung SNBP 2023: 18 kursi
  • Daya tampung SNBT 2023: 24 kursi

6. Universitas Udayana

Demikian informasi mengenai prospek kerja jurusan Arkeologi dan daya tampungnya di SNBP 2023 maupun SNBT 2023. Namun dalam seleksi PTN tahun sebelumnya, jurusan Arkeologi termasuk jurusan yang sepi peminat dibandingkan jurusan lainnya.

Sehingga jurusan Arkeologi bisa menjadi salah satu pilihan bagi calon mahasiswa yang berencana melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/23/172528471/prospek-kerja-jurusan-arkeologi-dan-daya-tampungnya-di-snbp-snbt-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke