Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Australian Independent School Buka Beasiswa 2023 bagi Siswa SMA

KOMPAS.com - Australian Independent School (AIS), sebuah penyelenggara pendidikan swasta yang berdiri sejak tahun 1996, memberikan beasiswa 2023 bagi siswa Indonesia kelas 10 (SMA kelas 1).

Peserta yang lulus seleksi akan mendapat pendidikan International Baccalaureate Diploma Program (IBDP) di AIS Pejaten, Jakarta Selatan. Batas pendaftaran sampai 17 Februari 2023.

Australian Independent School sebelumnya dikenal dengan nama Australian International School adalah sekolah yang menyediakan pendidikan bertaraf internasional dengan Kurikulum Australia yang terpadu bagi siswa Taman Kanak-kanak hingga siswa SMA (kelas 12/SMA kelas 3) di Jakarta dan Bali.

Kepala Sekolah Australian Independent School, Brenton Hall mengatakan program beasiswa tersebut merupakan kontribusi AIS kepada masyarakat Indonesia dan memberi peluang bagi siswa berprestasi untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki secara maksimal.

“Beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi siswa Indonesia untuk membuktikan kemampuannya dalam lingkungan berstandar internasional,” ujar Brenton kepada Kompas.com.

Brenton juga menambahkan kualifikasi IB diterima di berbagai universitas terbaik di manca negara dan mendapatkan bekal yang memadai agar mereka nantinya mampu menyesuaikan diri dalam pergaulan global, memahami dan menghormati setiap kebudayaan yang berbeda-beda.

Kurikulum yang digunakan pada program IB mendorong siswa untuk berpikir kritis dan dilatih belajar secara mandiri. Kurikulum IB sangat unik karena dapat dikombinasikan dengan platform dan kurikulum terbaik internasional. Di sisi lain, kurikulum IB juga membentuk siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar juga internasional.

Bagi kamu yang berminat mencoba beasiswa ini, berikut cakupan dan syarat pendaftaran beasiswa AIS..

Cakupan beasiswa AIS 2023:

1. Program beasiswa AIS-IBDP diberikan kepada empat siswa berprestasi

2. Siswa yang mendapatkan beasiswa dibebaskan dari berbagai macam biaya seperti biaya sekolah, biaya ujian diploma IB, dan biaya pembangunan sekolah.

3. Program beasiswa yang berlangsung selama tiga tahun, dimulai pada bulan April 2023 hingga Desember 2025.

4. Pelajar yang telah menyelesaikan studi dari AIS akan mendapat predikat International Baccalaureate Program (IB) Diploma yang setara SMA dan bisa dipergunakan secara langsung dalam melanjutkan kuliah di dalam negeri dan luar negeri.

Syarat umum peserta beasiswa AIS 2023:

1. Warga Negara Indonesia yang tinggal di Indonesia

2. Memiliki kemampuan berbahasa inggris

3. Memiliki catatan akademik yang baik

4. Memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti program IB

5. Tidak sedang bersekolah di AIS Indonesia

6. Terdaftar sebagai siswa di Indonesia kelas 10 atau 1 SMA di sekolah saat ini

Proses pendaftaran beasiswa AIS 2023:

1. Mengisi formulir pendaftaran

2. Mengirimkan salinan Buku Rapor dua tahun terakhir

3. Membuat tulisan essai sebanyak 500 kata yang menjelaskan alasan mengikuti program beasiswa tersebut, manfaat yang diharapkan dari beasiswa, dan bagaimana keikutsertaan siswa akan memberikan manfaat bagi AIS Indonesia dan masyarakat luas.

4. Dua buah pasfoto ukuran paspor

5. Data paspor dan akta kelahiran

6. Salinan hasil Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)

7. Salinan ijazah SMP

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa AIS 2023, silakan mengunjungi laman resmi AIS:  https://bit.ly/AISScholarship

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/25/160000871/australian-independent-school-buka-beasiswa-2023-bagi-siswa-sma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke