Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Ferdy Sambo Dimiskinkan, Semua Asetnya Disita

Kompas.com - 06/12/2022, 11:55 WIB
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri,  Ferdy Sambo masih menjadi perhatian publik.

Proses sidang masih terus berlanjut dan sampai saat ini dan belum ada vonis kepada para terdakwa.

Namun, baru-baru ini muncul unggahan di media sosial yang mengeklaim bahwa Ferdy Sambo telah dimiskinkan dan seluruh asetnya telah disita. Setelah ditelusuri, ternyata narasi tersebut tidak benar atau hoaks. 

Narasi yang beredar

Narasi yang menyebutkan bahwa Ferdy Sambo dimiskinkan dan semua asetnya dibagikan di media sosial, salah satunya oleh akun Facebook ini.

Akun tersebut membagikan sebuah tautan video YouTube, yang dalam narasinya disebutkan bahwa jaksa berhasil mengungkap kekayaan Ferdy Sambo yang berasal dari bisnis ilegalnya.

Dalam thumbnail video itu dituliskan bahwa Ferdy Sambo mengamuk dan ingin membunuh jaksa. 

Dalam keterangannya akun tersebut menuliskan keterangan:

KPK perlu bekerja pengawasan kekayaan para penyelenggara negara yang dianggap tidak wajar. kepolusian kejaksaan kehakiman pengacara kata orang pintar tempat permainan hukum bagaikan perjudian pasal pasal dalam undang undang kata publik kalau hukum untuk orang punya uang lama prosesnya kalau untuk hukum orang miskin sepi dan cepat putusannya kata publik kapan hukum benar benar sama sikaya dan simuskin.

Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut bahwa Ferdy Sambo dimiskinkan dan seluruh asetnya disitaAkun Facebook Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut bahwa Ferdy Sambo dimiskinkan dan seluruh asetnya disita

Penelusuran Kompas.com

Setelah tautan video YouTube dibuka dan ditonton sampai selesai tidak ditemukan adanya informasi bahwa Ferdy Sambo dimiskinkan dan semuanya asetnya disita. Video itu lebih banyak menjelaskan tentang kejanggalan harta Ferdy Sambo. 

Kebanyakan klip video identik dengan yang ada di acara "Satu Meja" Kompas TV ini yang  berjudul "Kasus Sambo Siapa Bisa Main Mata ?"

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.