Disarankan Gelar Turnamen Mini Antarklub, PBSI Belum Menyanggupi

Kompas.com - 05/07/2020, 15:40 WIB
Achmad Budiharto badmintonindonesiaAchmad Budiharto

KOMPAS.com - Ketua Masyarakat Pemerhati Bulu Tangkis Indonesia (MPBI), Kurniadi, menyarankan PBSI untuk mengadakan sejumlah turnamen mini nasional.

Kurniadi menilai turnamen mini tersebut bermanfaat bagi seluruh klub apabila sejumlah kompetisi bulu tangkis nasional kembali dimulai.

Seperti yang diketahui, pandemi virus corona juga berimbas kepada turnamen-turnamen bulu tangkis baik nasional maupun internasional.

Kurniadi melanjutkan, turnamen mini bisa menjadi ajang pemanasan bagi seluruh klub-klub menengah ke bawah sebelum terjun ke kompetisi resmi kalender PBSI.

Baca juga: Usai Juara PBSI Home Tournament, Praveen Kirim Pesan untuk Para Junior di Pelatnas

Dia juga menyoroti kemungkinan perbedaan sistem latihan klub besar dan klub-klub menengah ke bawah selama masa pandemi ini.

Bagi klub-klub besar, mereka bisa mengadakan latihan di dalam GOR sendiri. Namun, bagi klub-klub menengah ke bawah yang bergantung pada biaya swadaya orang tua atlet dan ketersediaan GOR yang disewa memungkinkan sistem pelatihannya berhenti total.

"PBSI semestinya menginisiasi dibuatnya turnamen mini yang persertanya dari beberapa klub dalam satu wilayah sehingga seluruh atlet dari klub menengah ke bawah tetap punya saranan turnamen persiapan sebelum terjun ke kompetisi nasional resmi PBSI," ucap Kurniadi kepada Kompas.com.

"Dengan adanya turnamen mini niscaya aspek ekonomi dan bisnis akan tetap berjalan walau dalam skala dan berbiaya lebih kecil. Pihak sponsor pun tetap memiliki jalan, atlet tak kehilangan motivasi, klub punya target, dan pelatih bisa membuat program binaannya."

Menanggapi saran itu, Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto mengatakan belum memungkinkan untuk bisa mengadakan turnamen seperti itu.

"Saya bisa memahami kekhawatiran Pak Kurniadi, tetapi kita semua harus mematuhi protokol yang ada. Fokus utama PBSI adalah menjaga keselamatan dan kesehatan semua stakeholdernya, termasuk peserta, panitia, dan penonton juga," kata Achmad Budiharto saat dihubungi Kompas.com

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X