Lee Zii Jia Dinilai Akan Diuntungkan Shuttlecock Sintetis

Kompas.com - 18/05/2020, 23:00 WIB
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Zii Jia, beraksi pada laga kontra Kento Momota di Kejuaraan Dunia BWF 2019 di Basel, Swiss, pada 23 Agustus 2019. AFP/FABRICE COFFRINIPebulu tangkis Malaysia, Lee Zii Jia, beraksi pada laga kontra Kento Momota di Kejuaraan Dunia BWF 2019 di Basel, Swiss, pada 23 Agustus 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis Malaysia, Rashid Sidek, menilai pemain tunggal putra terbaik negaranya saat ini, Lee Zii Jia, bakal mendapat keuntungan jika Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) resmi menghadirkan shuttlecock (kok) sintetis pada turnamen internasional tahun depan.

Andai hal itu terjadi, Rashid Sidek yakin Lee Zii Jia bisa menjadi atlet Malaysia pertama yang meraih medali emas Olimpiade.

Menurut Sidek, karakter kok sintetis cocok dengan gaya main menyerang yang diusung Lee Zii Jia, Chou Tien Chen (Taiwan), dan Viktor Axelsen (Denmark).

"Kok sintetis akan menguntungkan para pemain menyerang. Jadi, pebulu tangkis seperti Zii Jia akan memiliki keunggulan," tutur Sidek, dilansir BolaSport.com dari NST.

"Zii Jia suka menyerang dan tidak akan mudah mengalahkan dia di Tokyo (Olimpiade 2020). Dia sudah menunjukkan progres dan akan bermain lebih baik pada musim depan,"

"Dia akan punya kans untuk meraih gelar juara tunggal putra pada Olimpiade tahun depan,"

"Tien Chen dan Axelsen juga pemain menyerang. Jadi, mereka mungkin akan membuat kejutan juga," kata Sidek lagi.

Baca juga: BWF Diminta Revisi Format Turnamen

Sementara itu, pemain-pemain dengan gaya main elegan seperti Kento Momota (Jepang) serta Chen Long dan Shi Yu Qi (China) dianggap Sidek akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan kok sintetis.

"Momota memiliki skill yang sangat bagus dan suka mengalahkan lawannya dengan permainan yang cantik," tutur dia.

"Zii Jia seharusnya tidak membuang kesempatan andai (perkenalan kok sintetis) berjalan sesuai rencana," kata Sidek lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X