Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebulu Tangkis Malaysia Tak Masalah Olimpiade dan Kejuaraan Dunia Digelar di Tahun yang Sama

Kompas.com - 04/05/2020, 05:40 WIB
Alsadad Rudi,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Pebulu tangkis top Malaysia, Lee Zii Jia dan Aaron Chia, mengaku tidak masalah Olimpiade Tokyo dan Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia berada pada tahun yang sama.

Menurut Lee Zii Jia dan Aaron Chia, mereka akan memanfaatkan sebaik mungkin partisipasi pada dua turnamen bergengsi tersebut.

Pada hari Jumat (1/4/2020) lalu, Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton Worlds Federation/BWF) sebelumnya telah mengumumkan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis akan diselenggarakan pada tahun yang sama dengan Olimpiade Tokyo.

Atas pengumuman itu, Lee dan Chia pun merasa antusias karena dua turnamen prestisius tersebut bakal digelar pada tahun yang sama.

Bagi Chia, ini adalah kesempatan sekali seumur hidup dalam membuat sejarah jika dapat menjuarai dua turnamen itu.

“Saya benar-benar bersemangat,” kata Aaron Chia yang berpasangan Soh Wooi Yik, dilansir BolaSport.com dari Thestar.com.

“Saya tidak melihat ada masalah jika bermain dalam Olimpiade maupun kejuaraan dunia pada tahun yang sama. Tidak ada yang namanya kompetisi utama mengambil panggung satu sama lain.”

“Faktanya, saya pikir semua orang akan termotivasi atas kesempatan menciptakan sejarah dengan menjadi juara Olimpiade dan juara dunia pada tahun yang sama. Itu menjadi prestasi yang luar biasa yang tidak akan pernah bisa disamakan,” ucap Chia lagi.

Baca juga: Pebulu Tangkis Malaysia Belum Tentu Bisa Latihan Bersama dalam Ruangan

Sementara itu, Lee Zii Jia yang merupakan pebulu tangkis tunggal nomor 10 dunia juga berpendapat sama dengan Aaron CHia.

“Bagi saya, Olimpiade dan kejuaraan dunia sama-sama besar dan penting, terlepas dari tahun apa mereka diadakan,” kata dia.

“Mempertimbangkan tahun 2020 yang sedang dalam penangguhan, semua pebulu tangkis akan kembali dengan kuat pada tahun depan.”

“Saya mengharapkan tantangan yang lebih sulit sebagaimana diperjuangkan orang lain untuk dua penghargaan bulu bulu tangkis terbesar,” ucap Lee menambahkan.

Semula, Kejuaraan Dunia BWF 2020 dijadwalkan pada 29 November–5 Desember mendatang, sekitar tiga bulan setelah Olimpiade Tokyo 2020 (jadwal awal).

Dengan jadwal baru ini, Zii Jia yakin ini adalah hal yang baru bagi para pemain lainnya, dan menetapkan target untuk menang dari dua ajang yang berbeda.

“Sangat penting untuk merencanakan semuanya agar saya berada di puncak dari dua pertemuan kompetisi. Jaraknya hanya tiga bulan, ini pasti tidak mudah," tutur Lee.

"Akan tetapi, ini berlaku bagi semua orang dan tidak ada dari kita yang pernah menghadapi ini sebelumnya,” kata dia lagi. (Muhamad Husein)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com