Ganda Putra Malaysia Berharap Periode Kualifikasi Olimpiade Tokyo Diperpanjang

Kompas.com - 03/04/2020, 00:30 WIB
Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik (kanan), beraksi pada laga Piala Sudirman 2019 di Nanning, China, pada 19 Mei 2019. AFP/WANG ZHAOPasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik (kanan), beraksi pada laga Piala Sudirman 2019 di Nanning, China, pada 19 Mei 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik berharap agar Federasi Badminton Dunia ( BWF) memperpanjang periode kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjadi satu-satunya wakil Malaysia di sektor ganda putra pada Olimpiade Tokyo 2020 sebelum BWF membekukan peringkat dunia karena pandemi Covid-19.

Olimpiade Tokyo kini ditunda selama setahun, dari semula dijadwalkan pada 24 Juli-9 Agustus 2020 menjadi 23 Juli-8 Agustus 2021.

Karena pelaksanaan Olimpiade Tokyo ditunda setahun, Chia berharap BWF memperpanjang periode kualifikasi Olimpiade selama satu tahun.

BWF saat ini tengah meninjau sistem kualifikasi yang sebelumnnya akan berakhir pada 30 April.

Chia/Soh saat ini menempati posisi kesembilan dalam daftar race to Tokyo.

Di bawah Chia/Soh ada Goh V Shem/Tan Wee Kiong (ranking ke-14) dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (peringkat ke-15).

Satu-satunya cara bagi Malaysia untuk mengamankan tiket maksimum adalah dua pasang ganda putra menembus posisi delapan besar dunia.

Baca juga: Kompetisi Terhenti, BWF Resmi Bekukan Ranking Dunia

"Ini tentu berita bagus bahwa Olimpiade telah dipindahkan ke tahun depan. Namun, kami tidak akan berpikir sejauh ini tentang hal-hal seperti target medali kami. Faktanya adalah kami bahkan belum memenuhi syarat lolos kualifikasi Olimpiade," ujar Chia.

"Persaingan belum berakhir sampai kami melewati garis finis. Setelah penundaan Olimpiade, ada kemungkinan kuat bahwa periode kualifikasi akan diperpanjang."

"Saya percaya kami semua mungkin harus melihat lima hingga enam turnamen yang batal digelar pada Maret dan April. Saya pribadi mendukung periode kualifikasi yang akan diperpanjang, itu satu-satunya cara untuk bersikap adil kepada semua orang."

Chia mengatakan bahwa dia mengantisipasi persaingan dari mantan rekan timnya di timnas bulu tangkis Malaysia ketika kualifikasi Olimpiade 2020 kembali dibuka.

"Mengetahui bahwa mereka masih memiliki kesempatan untuk lolos, saya yakin V Shem/Wee Kiong dan Yew Sin/Ee Yi akan lebih bersemangat daripada sebelumnya," kata Aaron.

"Mereka akan kembali dengan kuat sehingga kami tidak bisa menerima posisi kami saat ini begitu saja." (Delia Mustikasari)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X