Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan Obat Alami Asam Urat dan Makanan yang Harus Dihindari

Kompas.com - 20/05/2024, 17:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.comAsam urat merupakan bentuk radang sendi saat kristal asam urat berlebih menumpuk di persendian.

Saat penyakit asam urat kambuh akan menyebabkan nyeri, bengkak, dan kaku di dalam, dan sekitar sendi.

Seseorang dengan riwayat penyakit asam urat perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar penyakit tersebut tidak kambuh. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Ikan Tinggi Purin Pantangan Penderita Asam Urat

Gejala asam urat

Berikut ini sejumlah gejala asam urat umumnya mendadak dan malam hari: 

  • Nyeri sendi yang parah dan mendadak.
  • Sendi bengkak.
  • Sendi kemerahan.
  • Sendi terasa hangat dan lunak saat ditekan.

Jika asam urat dibiarkan tanpa penanganan, nyeri sendi dapat semakin parah dan menyebabkan penderita tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

Obat asam urat alami 

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping seperti dirangkum dari Kontan dan laman Kementerian Kesehatan:

1. Jahe

Jahe menjadi salah satu obat asam urat alami yang bisa dikonsumsi. Caranya yakni dengan merebus air yang sudah dicampur dengan satu sendok makan parutan jahe segar.

Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit.

Selain itu, Anda juga bisa meminum air rebusan jahe. Caranya, rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Kemudian diminum 3 cangkir sehari.

2. Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan alami yang sering direkomendasikan untuk mengatasi penyakit asam urat.

Bila ketiganya digabungkan, mereka bisa menjadi minuman obat asam urat alami yang nikmat.

Cara membuatnya adalah campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel.

Anda bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut 2-3 kali sehari.

3. Seledri

Seledri adalah sayuran yang sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil. Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran tersebut sudah menjadi obat asam urat alami yang populer.

Diperkirakan seledri bisa mengurangi peradangan, perbanyak makan seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya.

4. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Namun, perlu diingat, tidak semua orang bisa mengonsumsi suplemen vitamin C.

Orang dengan penyakit ginjal perlu membicarakannya dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

5. Daun salam

Mengutip dari Grid.id, daun salam mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, daun salam juga bisa menjadi obat asam urat paling ampuh.

Namun, penderita asam urat tidak bisa mengonsumsinya secara sembarangan. Sebab, ada cara terbaik mengolah daun salam agar ampuh menurunkan asam urat tinggi.

Berikut bahan dan cara mengolah daun salam sebagai obat asam urat alami. Bahannya yakni 10-25 lembar daun salam dan tiga gelas air.

Cara membuatnya pun cukup mudah yakni cuci daun salam dengan air mengalir sampai bersih. Lalu, rebus daun salam di dalam air mendidih hingga menyisahkan satu gelas air.

Anda bagi dua air rebusan daun salam tersebut. Anda minum air rebusan daun salam itu sebanyak dua kali sehari.

6. Secang

Selanjutnya, secang juga bisa menjadi obat alami asam urat. Secang mengandung resin, resorsin, brazilin, d-alfa phallandrne, oscimenen, dan minyak atsiri.

Senyawa aktif dalam kayu secang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus.

7. Meniran

Berikutnya, obat alami asam urat adalan meniran. Meniran mengandung Natrium dan Kalium akan membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air.

Sehingga, kristal asam urat dalam darah bisa dikeluarkan sedikit demi sedikit.

Baca juga: 5 Rebusan yang Diyakini Ampuh Mengatasi Asam Urat, Ada Jahe dan Kunyit

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com