Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Cagub DKI Jakarta yang Berpotensi Diusung PDI-P, Ada Ahok dan Tri Rismaharini

Kompas.com - 26/04/2024, 18:45 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Pantas Nainggolan menyatakan bahwa partainya sedang mempertimbangkan berbagai nama tokoh yang akan diajukan menjadi calon gubernur (cagub) DKI Jakarta.

Pantas mengatakan bahwa sejumlah tokoh politik, seperti mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Menteri Sosial Tri Rismaharini, masuk dalam pertimbangan.

Selain itu, ada pula sejumlah nama-nama penting dalam kabinet seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdul Azwar Anas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa yang masuk dalam radar PDI-P.

"Ya kan masih proses penjaringan, bisa Risma, bisa aja Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, termasuk juga, misalnya, Azwar Anas," ungkap Pantas, dikutip dari Kompas TV, Jumat (26/4/2024).

Sejumlah faktor menjadi pertimbangan saat memilih calon gubernur DKI Jakarta yang akan diusung PDI-P.

Adapun faktor tersebut antara lain komitmen terhadap ideologi pancasila, elektabilitas, hingga keselarasan membangun Jakarta ke depan.

"Tapi kan dalam mengambil keputusan pasti kita mempertimbangkan banyak hal," kata Pantas, dilansir dari Kompas.com, Kamis (25/4/2024).

Baca juga: Kelompok NIK Warga Jakarta yang Dinonaktifkan Pekan Ini, Siapa Saja?


Meskipun banyak nama yang masuk dalam penjaringan bakal calon gubernur DKI Jakarta, Pantas mengungkapkan bahwa PDI-P DKI akan menjadikan kader internal sebagai prioritas.

Walaupun demikian, Pantas mengatakan bahwa hal tersebut masih perlu ditinjau dan dilihat kembali.

"Ya untuk utama sudah pasti kader menjadi prioritas. Tapi sekali lagi, kan itu yang perlu dilihat, elektabilitas itu juga menjadi sangat penting. Tetapi ada nilai-nilai dasar yang perlu diketahui," ungkap Pantas.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan bahwa pihaknya sedang melakukan penjaringan, baik dari internal maupun eksternal partai.

Djarot juga sempat tidak membantah bahwa Tri Rismaharini menjadi salah satu nama cagub DKI Jakarta yang dipertimbangkan akan diusung PDI-P.

"Kita punya banyak sekali ya selain Bu Risma, selain Bu Risma banyak tokoh-tokoh potensial baik dari internal maupun eksternal," ucap Jarot.

Baca juga: Dari Jakarta ke Penang, WNI Akhirnya Berhasil Obati Katarak di Korea

Daftar Cagub DKI Jakarta yang berpotensi diusung PDI-P

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (26/4/2024), Pantas Nainggolan membeberkan sejumlah nama yang berpotensi diusung oleh PDI-P.

Berikut daftarnya:

  1. Menteri Sosial Tri Rismaharini
  2. Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
  3. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdul Azwar Anas
  4. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono
  5. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Baca juga: NIK Warga Jakarta Telanjur Dinonaktifkan Dukcapil? Begini Solusinya

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com