Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Berikan Satyalancana kepada Gibran dan Bobby, Ini Alasannya

Kompas.com - 24/04/2024, 14:15 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada beberapa kepala daerah termasuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII di Kota Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (25/4/2024).

Wali Kota Surabaya, Eri Chayadi mengatakan bahwa acara tersebut nantinya akan diselenggarakan mulai pukul 07.00 WIB di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur.

Adapun agenda kedua yaitu Malam Apresiasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda), akan dimulai pukul 18.30 WIB di Ball Room Grand City Mall Surabaya.

Acara tersebut nantinya akan dihadiri oleh sejumlah kepala daerah, seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Acaranya nanti ada Bu Khofifah. Selain itu ada Wali Kota Medan, Wali Kota Surakarta," ucap Eri, dikutip dari Antara.

Baca juga: Gibran dan Bobby Disebut Akan Terima Satyalancana dari Presiden Jokowi di Surabaya

Alasan pemberian Satyalancana

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021.

Sebagai informasi, Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan tanda kehormatan yang diberikan melalui Keputusan Presiden RI.

Tanda kehormatan ini akan diberikan kepada penyelenggara pemerintah daerah atas jasa, prestasi, atau kinerja yang sangat tinggi dalam menyelenggarakan pemerintahan.

Eri menuturkan, Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha adalah penghargaan penting yang diberikan sekali seumur hidup pada kepala daerah.

Lencana tersebut akan melekat pada sosok pribadi, bukan jabatan sebagai kepala daerah.

"Jadi keberhasilan dia apa, sehingga dia akan mendapatkan itu. Kalau di Surabaya, keberhasilan penyelenggara pemerintah daerahnya adalah pelibatan masyarakat dalam membangun Surabaya," ungkap Eri, dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Surabaya.

Baca juga: 5 Hasil Putusan MK soal Dugaan Jokowi Cawe-cawe di Pilpres 2024


Penerima Satyalancana Karya Bhakti dari Jokowi

Tak hanya Gibran dan Bobby, secara keseluruhan terdapat 15 kepala daerah yang terdiri dari 2 gubernur, 6 walikota, dan 7 bupati yang akan mendapatkan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Beberapa kepala daerah lain yang akan mendapatkan Satyalencana adalah Khofifah, Bupati Bojonegoro periode 2018-2023 Anna Mu'awanah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dan Eri sendiri sebagai wali kota Surabaya.

“Penerima lencana ada Bu Khofifah, ada Wali Kota Medan, ada Bupati Bojonegoro periode 2018-2023, ada Wali Kota Surakarta, ada lagi Bupati Banyuwangi. Total penerima lencana 15 (kepala daerah),” ucap Eri.

Selain itu, ada 29 pemerintah daerah (Pemda) yang akan menerima piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) berdasarkan hasil EPPD tahun 2023.

Adapun 29 pemerintah daerah  yang akan menerima penghargaan dari Mendagri terdiri dari 5 provinsi, 14 kabupaten, dan 10 kota.

Baca juga: Lengser Oktober 2024, Jokowi Akan Dapat Rumah dan Rp 30 Juta Per Bulan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com