Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depo Pertamina Plumpang Terbakar, Lokasi Hanya 1,5 Km dari Rumah Warga

Kompas.com - 03/03/2023, 23:42 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebakaran hebat terjadi di Depo Pertamina di Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023).

Peristiwa ini diduga terjadi setelah pipa BBM di kawasan tersebut meledak.

Dilansir dari Kompas.com (3/3/2023), berdasarkan keterangan Command Center Badan Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulmarmat), informasi pertama mengenai kebakaran ini diterima petugas pada 20.11 WIB.

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III membenarkan kebakaran yang terjadi di pipa penerimaan BBM di Depo Plumpang.

"Terjadi insiden terbakarnya pipa penerimaan BBM di Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang," ujar unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan.

Hingga saat ini, pihak Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus melakukan upaya penanggulangan dan evakuasi pekerja maupun warga di sekitar lokasi kejadian.

Diperkirakan sebanyak 18 unit damkar dan 90 personil sedang dikerahkan untuk memadamkan api.

Baca juga: Kebakaran Pipa BBM di Depo Plumpang Jakarta Utara, Pertamina: Penyebab Masih Proses Investigasi


Lokasi kebakaran

Berdasarkan laporan dari Kompas TV, api pertama kali muncul di Depo Pertamina Plumpang disertai sejumlah ledakan. Api kemudian menyebar hingga permukiman warga.

Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan mengungkapkan, kebakaran tersebut terjadi di area penerimaan BBM Depo Pertamina Plumpang.

"Terjadi kebakaran di area penerimaan BBM di Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang," ujarnya saat diwawancarai Kompas TV.

Depo Pertamina Plumpang berada di Jl. Inspeksi Kali Sunter No. Kavling 45-46, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, RT.1/RW.4, Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Api yang membakar depo tersebut merembet hingga ke permukiman warga. Lokasi rumah warga yang terbakar berada di Jl Tanah Merah Bawah, RT 012 RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Berdasarkan pengecekan lewat Google Maps, lokasi permukiman warga yang terbakar hanya berjarak 1,5 km dari Depo Pertamina Plumpang.

Permukiman warga yang berada dekat Depo Pertamina Plumpang menyebabkan api mudah mengenai rumah-rumah warga.

Bangunan di permukiman Jl Tanah Merah Bawah itu juga didominasi rumah semi permanen. Hal ini menyebabkan api mudah merembet sehingga harus segera dipadamkan.

Baca juga: Kesaksian Warga Saat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Pasukan Brimob tampak berjaga di Jalan Plumpang Semper, dekat lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam.KOMPAS.com/RIZKY SYAHRIAL Pasukan Brimob tampak berjaga di Jalan Plumpang Semper, dekat lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com