Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Mahasiswa Baru USD, Gratis Biaya Kuliah 4 Tahun, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 10/01/2023, 13:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta memberikan beasiswa pembebasan biaya kuliah kepada mahasiswa baru 2023 melalui Beasiswa Cerdas Humanis. 

Beasiswa tersebut berupa pembebasan biaya kuliah selama empat tahun selama berkuliah di salah satu program studi (prodi) di USD.

"Beasiswa Cerdas Humanis mencakup hampir semua yang ada dalam biaya perkuliahan," kata Kepala Humas USD, Antonius Febri Harsanto, kepada Kompas.com, Selasa (10/1/2023).

Mereka hanya dibebankan untuk membayar biaya layanan kesehatan di poliklinik kampus sebesar Rp 35 ribu per semester.

"Program (beasiswa) sudah dijalankan sejak tahun 2015. Setiap tahun kuota disesuaikan dengan kemampuan lembaga kami untuk memberi beasiswa," tutur Anton.

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNBP dan SNBT 2023, Calon Mahasiswa Cek

Mengenal Beasiswa Cerdas Humanis

Anton menerangkan, jumlah rata-rata yang menerima Beasiswa Cerdas Humanis sebanyak 30 mahasiswa setiap tahun. Total alumni beasiswa tersebut sudah mencapai 125-an mahasiswa.

"Beasiswa ini dalam pelaksanaannya dijalankan oleh Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa USD (monitoring, evaluasi, dan pendampingan)," ujarnya.

"Sementara penjaringannya melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dikelola oleh Biro Administrasi Akademik USD," tambah Anton.

Anton menjelaskan, penerima beasiswa diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial, namun memiliki motivasi dan prestasi akademiknya baik.

Baca juga: Tanggal Penting SNPMB 2023 Jalur SNBP-SNBT, Calon Mahasiswa Catat

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com