Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beijing Disebut Akan Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 yang Parah, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 22/12/2022, 20:15 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beijing, China diperkirakan akan menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang parah selama dua minggu ke depan.

Hal itu diungkapkan seorang ahli pernapasan di China, di tengah kekhawatiran atas kemungkinan mutasi Covid-19.

Dilansir dari Al Jazeera, pelonggaran pembatasan di seluruh China bertepatan dengan lonjakan infeksi yang menurut para ahli kemungkinan akan meningkat selama musim dingin.

Dari beberapa proyeksi, menunjukkan bahwa China dapat menghadapi lebih dari satu juta kematian pada tahun depan.

"Kita harus bertindak cepat dan menyiapkan sumber daya perawatan darurat dan parah," ujar Wang Guangfa, pakar pernapasan dari Rumah Sakit Universitas Peking.

Baca juga: Gejala Covid-19 Subvarian Omicron BN.1 yang Sudah Masuk Indonesia


Memperluas tempat tidur di ICU

Petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 dari seorang pria di stasiun pengumpulan asam nukleat di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.AFP/NOEL CELIS Petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 dari seorang pria di stasiun pengumpulan asam nukleat di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.

Wang mengatakan, rumah sakit harus memperluas tempat tidur di ICU sebagai prioritas.

Diperkirakan, puncak Covid-19 kemungkinan akan berlangsung hingga akhir Festival Musim Semi China, yang akan jatuh pada 22 Januari 2023.

Ia menambahkan, kasus Covid-19 kemudian akan menurun dan kehidupan secara bertahap akan kembali normal sekitar akhir Februari dan awal Maret 2023.

Baca juga: Ketahui, Ini Efek Samping Vaksin Covid-19 Booster

Setelah masa puncak, orang tidak boleh lengah.

"Strain Covid-19 saat ini mungkin kurang ganas, tetapi mungkin tidak sama pada hewan. Mungkin tampaknya tidak terlalu parah untuk hewan, tetapi pada titik tertentu, virus masih dapat menular ke manusia, dengan konsekuensi yang mengerikan," kata Wang.

Menyusul protes yang meluas di China pada awal Desember 2022, negara berpenduduk 1,4 miliar orang itu mulai melonggarkan penguncian.

Baca juga: Fakta dan Sebaran Covid-19 Varian Omicron BN.1 di Indonesia

WHO khawatirkan gelombang baru Covid-19 di China

Rak-rak kosong terlihat di apotek ketika pelanggan mencoba mencari obat untuk menghadapi gelombang wabah COVID-19 di Beijing, Selasa, 13 Desember 2022.AP PHOTO/NG HAN GUAN Rak-rak kosong terlihat di apotek ketika pelanggan mencoba mencari obat untuk menghadapi gelombang wabah COVID-19 di Beijing, Selasa, 13 Desember 2022.

Dilansir dari BBC, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa rumah sakit di China tampaknya mulai penuh di tengah kekhawatiran tentang gelombang baru Covid-19 yang melanda negara itu.

Kepala Kedaruratan WHO Michael Ryan menuturkan, unit perawatan intensif (ICU) sibuk meskipun pejabat mengatakan jumlahnya "relatif rendah".

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com