Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laura Anna Meninggal Dunia, 2 Tahun Alami Spinal Cord Injury, Apa Itu?

Kompas.com - 15/12/2021, 14:45 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selebgram Laura Anna meninggal dunia pada Rabu (15/12/2021). Sebelumnya dia mengalami spinal cord injury, kondisi lumpuh akibat kecelakaan. Apa itu spinal cord injury?

Diberitakan Kompas.com, Rabu (15/12/2021), kondisi yang dialami Laura disebabkan oleh kecelakaan di Jalan Tol Jagorawi saat dia menaiki mobil yang dikendarai Gaga Muhammad, mantan kekasihnya. Gaga berkendaran dalam keadaan mabuk.

Setelah kecelakaan pada 8 Desember 2019 itu, Laura Anna sempat lumpuh total. Kondisi ini disebut spinal cord injury atau kerusakan sumsum tulang belakang, yang bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Baca juga: Laura Anna Meninggal Dunia

Perempuan kelahiran 20 September 2000 itu pun tengah memperjuangkan keadilan atas kejadian yang menimpanya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Sebelumnya pada Kamis (1/12/2021), dia telah menjalani sidang perdananya. Namun, sebelum kasus dan tuntutannya selesai, Laura lebih dulu berpulang.

Apa itu spinal cord injury

Selain mengalami spinal cord injury, perempuan berusia 21 tahun bernama asli Edelenyi Laura Anna itu juga mengalami cervical vertebrae dislocation atau dislokasi tulang leher.

Melansir Parapuan, Minggu (5/12/2021), lapisan jaringan yang disebut meninges dan kolom vertebra (tulang belakang) mengelilingi dan melindungi sumsum tulang belakang.

Sementara, spinal cord injury atau cedera tulang belakang yang dialaminya merusak sumsum tulang belakang dan jaringan tulang di sekitarnya.

Padahal, sumsum tulang belakang berperan besar pada tubuh untuk menyampaikan pesan antara otak dan seluruh bagian tubuh.

Baca juga: Lumpuh Pasca-kecelakaan, Ini 7 Fakta Kondisi Laura Anna

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com